TIPS BERKENDARA DI JALAN TOL

Berkendara di jalan bebas hambatan atau tol dapat memperpendek waktu perjalanan antara dua lokasi. Tol menyediakan ruang bagi pengemudi untuk melaju lebih cepat dibandingkan dengan jalan biasa. Tim Kompas.com baru-baru ini melakukan perbandingan antara Tol Trans Jawa dan Pantura, dan ditemukan perbedaan waktu tempuh yang signifikan yang membuat perjalanan dari Jakarta ke Surabaya lebih cepat.

BACA JUGA: 5 Onderdil yang Mesti Diservis Secara Berkala

Namun, dalam kenyamanan tersebut, tetap diperlukan kewaspadaan saat dalam perjalanan. Waktu tempuh yang lebih singkat berarti perjalanan harus ditempuh dengan kecepatan yang tinggi. Pertanyaannya, bagaimana seharusnya kita berkendara dengan kecepatan tinggi? Sony Susmana, Konsultan Senior Keselamatan Berkendara dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), menyarankan agar saat berkendara di tol, kita harus mengikuti batas kecepatan yang telah ditetapkan.

Jarak pandang akan semakin berkurang dengan meningkatnya kecepatan kendaraan. Selain itu, kecepatan tinggi juga dapat mempengaruhi tingkat adrenalin pengemudi. Kenaikan tingkat adrenalin ini harus diimbangi dengan penggunaan akal sehat oleh pengemudi untuk memperkirakan kemampuan kendaraan dalam berhenti dengan aman. Pertanyaan berikutnya adalah apakah pengemudi dapat menghentikan kendaraan tanpa mengganggu kenyamanan penumpang, mencegah selip, atau memperhitungkan kemampuan kendaraan dalam berhenti dengan baik. Faktor-faktor yang tidak terduga seperti hembusan angin dari samping kendaraan, kondisi permukaan jalan yang tidak rata, dan cuaca juga dapat menyebabkan kecelakaan.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Selain itu, kelembaban udara di setiap daerah yang dilalui juga perlu diperhatikan. Meskipun terlihat tidak berpengaruh, kelembaban udara tersebut bisa menjadi penyebab kecelakaan. Meskipun satu atau dua kali mungkin tidak berpengaruh, namun tidak dapat dipastikan bahwa hal tersebut tidak akan berpengaruh pada perjalanan berikutnya. Oleh karena itu, perhatian terhadap kecepatan harus diambil dengan serius. Selama perjalanan, pengemudi harus tetap waspada dan mengamati kondisi sekitar. Mengemudi dengan kecepatan yang ditentukan bukanlah masalah, selama pengemudi memahami kondisi jalan dan kendaraan yang digunakan.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang