5 Onderdil yang Mesti Diservis Secara Berkala

Ketika memiliki kendaraan baru, setiap pemilik tentu menyukai melihat aksesoris mobil baru mereka. Namun, mungkin masih kurang pengalaman dalam mengenal beberapa bagian onderdil yang diservis. Jika Anda termasuk salah satunya, tidak perlu merasa malu. Kami akan membahas hal-hal yang perlu dirawat secara rutin, terutama jika Anda berencana untuk mendapatkan kredit mobil Toyota di Medan. Sangat penting untuk memahami dengan baik informasi di bawah ini. Silakan langsung cek tanpa lupa. Kami akan menjelaskan beberapa onderdil yang diservis beserta penjelasannya.

 

BACA JUGA: Boleh Atau Tidak Mencampur Air Wiper dengan Sampo

 

Kanvas Rem

Bagi mereka yang baru saja belajar mengemudi, penting untuk diingat bahwa rem harus dirawat dan diperiksa sebelum pergi. Terutama jika sering digunakan setiap hari, kanvas rem dapat aus dengan cepat. Namun, perlu diingat bahwa ada prosedur khusus yang harus diikuti, jadi penting untuk selalu memantau dan memeriksa secara menyeluruh setelah mencapai jarak 20.000 km.

Oli Mesin

Penting untuk memperhatikan penggantian oli mesin, karena jika terlupa dapat menyebabkan mesin menjadi kaku dan tidak berfungsi dengan normal. Selain itu, oli juga berperan dalam menjaga suhu mesin agar tetap dingin. Jika oli sudah aus, suhu dalam mobil bisa naik seperti oven, dan tentu saja hal ini sayang jika kendaraan hasil Kredit Mobil Toyota di Medan tidak dapat digunakan. Namun, ada aturan tertentu untuk mengganti oli agar tidak terlalu sering atau terlalu lama. Biasanya, penggantian oli dilakukan setelah pemakaian pertama mencapai 5.000 km.

Aki

Aki memiliki peran yang sangat penting, karena tanpa aki mobil tidak akan berfungsi normal dan dapat menyebabkan kesulitan jika aki mati di tengah jalan. Terutama jika sedang berada di jalanan yang sepi, hal tersebut sangat tidak diinginkan. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa kondisi aki secara berkala. Kamu dapat menentukan kapan melakukan pemeriksaan, karena umur aki biasanya sekitar 2 hingga 3 tahun. Pastikan juga melakukan pemeriksaan aki bersamaan dengan penggantian oli.

Selain itu, penting diingat bahwa penggantian oli bukanlah hanya penambahan oli. Jika hanya ditambahkan, hal itu hanya akan mengirit biaya, namun dapat menyebabkan kerusakan mesin akibat pencampuran oli baru dengan oli bekas. Selain berpotensi merusak mesin, putaran mesin juga dapat menjadi lambat dan berat karena terganggu oleh oli kotor.

Busi

Ada aspek lain yang perlu diperhatikan terkait dengan aki, yaitu busi. Jika busi mengalami masalah, maka kamu akan menghadapi kesulitan. Biasanya, mobil akan menjadi lemah dan bahkan mati jika diinjak gas. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kondisi setiap busi. Periksa busi setelah menempuh jarak 20.000 km dan 40.000 km, dan perhatikan apakah sudah terbakar atau masih dalam kondisi baik.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Lampu

Sulit membayangkan situasi saat lampu mobil mati total di malam hari, pastinya kita tidak menginginkan hal tersebut terjadi. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kondisi lampu mobil sejak sekarang. Namun, jika mobil masih baru dibeli, kemungkinan masalah lampu sangat kecil. Korsleting lampu umumnya disebabkan oleh faktor kelistrikan, jadi pastikan mobil telah dikeringkan dengan baik sebelum digunakan agar kelistrikannya aman dan lampu tidak mati tiba-tiba. Itu tadi adalah beberapa komponen yang perlu Anda ketahui.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang