Rutin Periksa Ban Tingkatkan Keamanan

Sebelum kita memulai perjalanan, satu aspek yang tidak boleh diabaikan adalah periksa ban. Pastikan untuk memeriksa semua empat ban, baik di sisi kiri maupun kanan, di bagian depan dan belakang. Jangan anggap remeh langkah sederhana ini, meskipun terkadang pengendara tergesa-gesa dan langsung masuk ke dalam kendaraan.

BACA JUGA: Jangan Panik, Inilah Penyebab Rem Mobil Tidak Balik Lagi

Pemeriksaan tekanan angin ban menjadi hal yang sangat penting, meskipun terkadang dianggap sepele oleh beberapa pengendara. Jika salah satu ban kurang angin, luangkan waktu sebentar untuk mampir ke stasiun SPBU terdekat atau tempat lain yang menyediakan fasilitas untuk menambah angin.

 

Tingkat tekanan angin yang tepat sangat krusial untuk keselamatan berkendara. Tekanan yang kurang dapat meningkatkan gesekan antara tapak ban dan permukaan jalan, membuat ban menjadi lengket dan lebih cepat panas, terutama jika kondisi jalan sedang panas. Penggunaan ban dengan tekanan angin yang kurang dapat meningkatkan risiko pecah, terutama pada bagian sudut-sudut luar atau bahu ban.

 

Selain risiko pecah, tekanan angin yang kurang juga dapat merusak kembang ban dan membuat ban lebih berat berputar, yang pada gilirannya membuat mesin bekerja lebih berat dan meningkatkan konsumsi bahan bakar. Sebaliknya, tekanan yang terlalu tinggi juga memiliki risiko, seperti mempercepat ausnya sisi tengah ban dan membuat suspensi terasa lebih keras.

 

Untuk menentukan tekanan yang ideal, periksa informasi yang tertera di sisi dalam pintu dekat setir atau dalam buku pedoman pemilik kendaraan. Saat menambah angin, pastikan tekanan ban disesuaikan dengan standar pabrikan.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Jika memungkinkan, menggunakan gas nitrogen untuk mengisi ban dapat menjadi opsi yang lebih baik. Gas ini memiliki keunggulan, termasuk mengurangi risiko karat pada velg ban, membuatnya menjadi pilihan yang lebih aman dan optimal untuk kenyamanan serta keselamatan berkendara Anda.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

 

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang