Ini Dia 5 Pemeriksaan Dasar Setelah Mobil Mudik Lebaran

Budaya mudik lebaran tetap menjadi tradisi yang tak tergantikan ketika menyambut lebaran. Banyak pengendara yang memilih mengemudikan kendaraan sendiri untuk tiba di kampung halaman. Tentu, perjalanan jauh ini tidak hanya memberikan kelelahan pada tubuh, tetapi juga pada kendaraan kesayangan.

BACA JUGA: Mengenal Perbedaan Rem Tromol dan Rem Cakram

Dalam rangka memberikan informasi yang bermanfaat, seorang Kepala Bengkel Toyota berbagi tentang 5 poin dasar yang perlu diperiksa setelah kendaraan menempuh perjalanan jauh menuju kampung halaman.

 

“Pasca perjalanan mudik, biasanya pengendara melakukan 5 poin pengecekan dasar,” ujar seorang Kepala Bengkel Toyota.

 

Berikut adalah 5 poin pengecekan yang biasanya dilakukan pengendara setelah menjalani perjalanan mudik:

 

  1. Pengecekan Rem:

   Pengecekan kampas rem dapat bervariasi tergantung pada gaya mengemudi, terutama untuk mobil dengan transmisi otomatis yang biasanya perlu diganti setiap 20 ribu km. Untuk varian manual, umurnya bisa mencapai 40 ribu km, namun semuanya tergantung pada kebiasaan pengendara. Tanda bahwa kampas rem perlu diganti adalah ketika terasa lebih dalam saat diinjak. Pengecekan perlu segera dilakukan jika kampas rem sudah tipis melewati batas yang ditentukan.

 

  1. Pengecekan Kopling:

   Secara umum, kopling perlu diganti setiap 70 ribu km, meski ada yang menggantinya lebih awal, seperti per 50 ribu atau 60 ribu km. Penggunaan kopling yang benar, tanpa terus-menerus menginjak pedal, dapat membuat kopling lebih awet.

 

  1. Pengecekan Oli Mesin:

   Selain jarak tempuh yang jauh, kondisi macet dapat memengaruhi kekentalan oli, membuatnya jauh dari spesifikasi. Oleh karena itu, pengendara umumnya langsung mengganti oli mesin setelah perjalanan jauh.

 

  1. Pengecekan Oli Transmisi:

   Umumnya, penggantian oli transmisi diperlukan setiap 40 ribu km. Spesifikasi mesin yang mendukung saat ini membuat oli transmisi memiliki masa pakai yang lebih panjang. Meski demikian, melakukan pengecekan setelah perjalanan jauh tetap disarankan.

 

  1. Pengecekan Kaki-Kaki Kendaraan:

   Meskipun jarang dilakukan, pengecekan kaki-kaki, seperti shockbreaker, perlu diperhatikan kembali. Terutama untuk pengendara yang belum memeriksa kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

 

Dengan melakukan pengecekan-pengecekan ini, diharapkan kendaraan tetap dalam kondisi optimal dan siap kembali digunakan setelah menjalani perjalanan mudik yang melelahkan.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

 

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang