Jangan Panik, Inilah Penyebab Rem Mobil Tidak Balik Lagi

Mengenali Penyebab Rem Mobil Macet dan Langkah Pencegahannya

Ketika rem mobil macet dan enggan berfungsi, pasti itu adalah mimpi buruk bagi Anda. Anda sadar betul bahwa rem memiliki peran krusial dalam keselamatan saat mengemudi. Daripada terpanik, lebih bijak untuk memahami apa yang menjadi penyebab rem  mogok dan enggan berputar kembali.

 

Saat mengalami masalah saat sedang di jalan pasti akan membuat hati berdegup kencang. Terlebih lagi, saat mobil melaju dengan cepat, rem yang tiba-tiba macet bisa menimbulkan masalah serius. Bahkan, hal ini dapat menyebabkan kecelakaan yang tak terduga hanya karena masalah pada rem yang tak berfungsi.

 

Kenali Empat Akar Penyebab Rem Mobil Mogok

Penting bagi Anda untuk memahami pentingnya komponen ini, sehingga Anda tak akan mengabaikan perawatan berkala. Rem adalah sebuah sistem yang kompleks, yang terdiri dari berbagai komponen yang bekerja secara sinergis untuk memberikan kinerja yang optimal, sama seperti komponen lain pada mobil. Oleh karena itu, merawat rem dengan baik sangat penting, terutama ketika tanda-tanda rem mogok mulai muncul.

BACA JUGA: Tips merawat suspensi mobil

Inilah beberapa akar penyebab yang perlu dikenali oleh pemilik mobil ketika rem mobil mogok:

 

Rem Mulai Terkikis

Benda yang terkikis dan kotor tentu saja akan sulit untuk bergerak, termasuk pada sistem rem. Kontak yang terjadi antara komponen rem dan permukaan jalan sering kali mengakibatkan masuknya kotoran seperti debu, lumpur, atau tanah ke dalam komponen ini.

Faktor seperti paparan sinar matahari dan air hujan juga dapat memicu terjadinya pengkaratan pada komponen rem. Sistem pengereman sendiri bekerja dalam kondisi yang berat, dan sering kali mengalami vapour lock. Keadaan ini terjadi ketika udara terperangkap dalam sistem rem, menyebabkan komponen logam pada sistem rem menjadi mudah berkarat.

 

Masalah ini dapat diatasi dengan membersihkan sistem rem secara rutin. Hindari penumpukan kotoran yang dapat membuat komponen penting ini sulit bergerak.

 

Rem Jarang Digunakan

Komponen rem yang tidak aktif dalam waktu yang lama akan mengalami penurunan fungsi. Ini bisa mengakibatkan masalah saat pengereman, terutama saat perubahan suhu terjadi. Perubahan suhu ini dapat menyebabkan terbentuknya karat pada permukaan cakram rem.

Minyak atau cairan pengereman yang tidak aktif juga dapat menyebabkan penurunan titik didih. Ketika ini terjadi, perlu untuk memeriksa sistem rem dan bahkan mengganti komponen yang sudah usang.

 

Umur Rem Sudah Habis

Sama seperti komponen lain pada mobil, rem juga memiliki batas umur, terutama jenis rem seal yang menggunakan bahan karet. Masa pakai rem jenis ini dapat diketahui dari bahan karet yang mulai mengeras dan kaku.

Akibatnya, piston rem hanya dapat bergerak pada satu sisi, sehingga pergerakannya terbatas. Ini adalah salah satu akar penyebab mengapa rem mobil mogok, yang ditandai dengan kesulitan dalam pengoperasian rem.

 

Yang terbaik adalah mengganti rem yang bahan karetnya sudah mengeras dengan komponen yang baru, agar rem dapat berfungsi dengan lancar tanpa hambatan.

 

Penyetelan Rem Terlalu Ketat

Penyebab terakhir adalah penyetelan rem yang terlalu ketat. Penting untuk diingat bahwa rem juga memerlukan ruang gerak, sehingga penyetelan harus dilakukan dengan benar.

Baik rem cakram maupun rem tromol, keduanya membutuhkan ruang bebas (free play) yang tepat saat penyetelan. Pastikan juga tidak ada gesekan berlebih antara kampas rem dan permukaan tromol saat dipasang. Ruang bebas ini penting untuk memberikan kenyamanan saat pengoperasian rem.

 

Jika penyetelan terlalu ketat, lakukan penyetelan ulang dengan memerhatikan tingkat ketatannya. Atau, Anda dapat mengunjungi bengkel Arumsari terdekat untuk penyetelan sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Itulah beberapa akar penyebab rem mogok yang perlu Anda ketahui. Untuk perbaikan yang optimal, lebih baik serahkan kepada teknisi di bengkel Arumsari. Jika Anda ingin menjalani servis berkala, namun tidak memiliki waktu untuk pergi ke bengkel, Anda dapat melakukan pemesanan layanan ArumSari melalui website Arumsari.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang