Mengamankan Mobil dari Orang Jahat

Mobil merupakan aset berharga, dan perlakuan terhadap mobil, terutama saat diparkir, tidak boleh dianggap enteng. Kejahatan terhadap kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, masih cukup tinggi. Oleh karena itu, tanggung jawab bukan hanya pada aparat, petugas parkir, atau penjaga, melainkan juga menjadi kewajiban pemilik mobil itu sendiri.

 

BACA JUGA: TIPS Safety Driving Saat Persiapan Berkendara Bagian Satu

 

Berikut beberapa tips untuk menjaga aset berharga berupa mobil agar tetap aman dan setidaknya terhindar dari tindakan kriminal:

 

  1. Ketika Menggunakan Sopir:

   Jika Anda menggunakan jasa sopir untuk perjalanan yang memakan waktu, sebaiknya sopir tidak dibiarkan menunggu di dalam mobil. Ini dapat mencegah potensi tindakan kriminal, seperti penodongan sopir untuk mendapatkan kunci dan surat-surat. Sopir sebaiknya diminta untuk menunggu di luar mobil yang terkunci sambil tetap mengawasi kendaraan.

 

  1. Apabila Anda tidak memanfaatkan jasa sopir dan kendaraan yang Anda miliki termasuk dalam kategori “Berjuta Ummat”: 

mobil Anda termasuk dalam kategori “Berjuta Ummat,” seperti Toyota Kijang, disarankan untuk mencabut kabel distributor atau distributornya dan memasang kunci setir berbentuk stick yang melintang di tengah setir. Model stick baseball yang hanya menempel di atas tidak disarankan, karena bisa dilepas oleh pencuri.

 

  1. Tentang Penggunaan Alarm:

   Alarm bukanlah satu-satunya perlindungan yang cukup. Beberapa pengamatan menunjukkan bahwa alarm sering diabaikan oleh orang di sekitar. Oleh karena itu, selain alarm, perlu ada bentuk antisipasi tambahan.

 

  1. Mengatasi Modus Operandi Pencuri:

   Modus operandi lainnya melibatkan pencopotan plat mobil di tempat parkir dan penggantian dengan plat nomor milik pencuri. Pencuri kemudian bisa keluar dengan alasan menghilangnya karcis parkir. Setelah keluar dari area parkir, plat nomor palsu dipasang di mobilnya. Hal ini dapat diatasi dengan tindakan hati-hati dan kehati-hatian, serta memastikan semua dokumen dan plat nomor mobil selalu terjaga dengan baik.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

 

Ingatlah, keamanan mobil merupakan tanggung jawab bersama. Selalu lakukan langkah-langkah pencegahan untuk melindungi aset berharga Anda dari risiko kejahatan.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

LEAVE REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *