Hentikan Kebiasaan Buruk Yang Merusak Mesin Mobil

Apakah Anda mengetahui faktor-faktor yang dapat merusak mesin mobil? Berkendara merupakan aktivitas sehari-hari yang tak dapat dipisahkan dari masyarakat. Namun, masih banyak pengguna yang tidak menyadari bahwa terdapat kebiasaan-kebiasaan dalam berkendara yang dapat merusak mesin mobil. Apa saja kebiasaan buruk yang merusak mesin mobil tersebut? Mari kita kenali.

BACA JUGA: Cara Menghemat Biaya Service Mobil

 

1. Asal Tancap Gas

 

Walaupun ada anggapan di kalangan beberapa pengguna mobil terbaru bahwa tidak perlu memanaskan mesin saat pertama kali dinyalakan setiap harinya, sebaiknya tetap melakukan pemanasan. Hal ini dikarenakan mesin mungkin belum mencapai suhu operasional optimal.

Jika langsung menginjak gas setelah menyalakan mesin, dapat menyebabkan keausan pada komponen mesin.

2. Kaki di Atas Kopling

Banyak pengendara pemula yang sering melakukan kebiasaan menaruh kaki di atas pedal kopling saat berkendara, padahal hal ini bisa menyebabkan kerusakan serius pada kopling seperti keausan, sehingga perbaikan harus dilakukan meskipun sebenarnya belum saatnya.

3. Mematikan Mesin Begitu Berhenti

Menonaktifkan mesin secara langsung saat mobil berhenti dapat merusak mesin, terutama pada mesin turbo. Sebaiknya biarkan mesin mengalami idle selama beberapa menit sebelum mematikannya.

4. Tidak Rutin Service Berkala

Perawatan rutin pada mesin sangat penting untuk mempertahankan kinerjanya yang optimal. Namun, sayangnya masih ada orang yang mengabaikannya karena menganggap mobil mereka dalam kondisi baik-baik saja, padahal sebenarnya sudah saatnya melakukan servis berkala berdasarkan usia pemakaian.

Servis berkala tidak hanya sebatas mengganti oli, tetapi juga melibatkan berbagai tindakan lainnya. Misalnya, membersihkan sistem pembakaran dan memeriksa sistem pengapian, memeriksa komponen mesin sesuai dengan usia kendaraan, menganalisis kondisi komponen, mesin, dan knalpot, menyesuaikan komponen mesin sesuai dengan standar yang berlaku untuk mobil Toyota, serta melakukan pemeriksaan dan pemeliharaan menyeluruh pada seluruh bagian utama kendaraan.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Jika servis berkala selalu diabaikan, dapat berdampak buruk pada semua komponen dalam jangka panjang. Itulah sebabnya mengapa perawatan yang teratur sangat penting untuk menjaga kesehatan mesin.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang