Jadi ini Posisi yang Benar Saat Memegang Kemudi

Berkendara bukanlah kegiatan yang sulit. Tidak hanya laki-laki, jumlah pengendara wanita juga bisa kemudi meningkat dan hampir seimbang dengan jumlah pengendara pria saat ini.

BACA JUGA: Trik mengemudi aman saat mudik dijalan tol unruk pemula

Namun, tidak semua pengemudi mengetahui cara yang tepat dalam memegang kemudi. Teknik dan posisi mengemudi yang benar sangatlah penting agar mobil tetap terkendali dan aman saat kita berada di jalan.

 

Menjaga kemudi mobil dengan posisi yang benar adalah dengan menjaga agar tangan berada sejajar. Jika kita menggambarkannya seperti angka yang terdapat di jam analog, proposi tangan sebaiknya terdapat pada angka 9 dan 3. Posisi ini menggantikan posisi tangan di angka 10 dan 2 yang sejak tahun 2011 tidak lagi direkomendasikan oleh para ahli mengemudi.

 

Posisi tangan pada angka 10 dan 2 tidak lagi direkomendasikan karena penelitian telah mengungkapkan bahwa posisi tersebut berada di bagian atas jantung.. Jika kita mengemudi dalam posisi tersebut selama lebih dari satu jam, aliran darah kita dapat terhambat. Dampaknya, refleks kita dalam mengantisipasi sesuatu akan menjadi lebih lambat.

 

Selain itu, disarankan untuk menjaga jarak sekitar 30 sentimeter antara kemudi dan dada. Hal ini memiliki kepentingan karena saat terjadi tabrakan, airbag akan mengembang dalam waktu 2 detik dan berjarak sekitar 22 hingga 25 cm. Pastikan pula bahwa posisi tangan membentuk sudut, karena ini dapat berfungsi sebagai penyerap kejutan sehingga dapat mencegah patah atau luka pada tangan.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Setelah mengetahui posisi yang benar saat mengemudi, jangan lupa untuk selalu menjaga kecepatan dan selalu fokus dalam berkendara. Hal ini sangat penting untuk selalu diingat agar keselamatan kita selama berkendara dapat terjaga dengan baik.

 

Semoga pengetahuan ini memberikan manfaat.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang