Tiga Sebab Utama yang Bikin Usia Ban Mobil Lebih Singkat

Sampai ke tujuan dengan selamat merupakan prioritas utama ketika mengemudi di jalan raya. Bayangkan jika, saat sedang mengemudikan kendaraan, tiba-tiba ban mobil Anda bocor, pecah, atau tergelincir, terutama jika itu disebabkan oleh ban yang gundul, atau bahkan lebih parahnya, ban lepas.

BACA JUGA:
Ini Cara Rawat Ban Serep Mobil Toyota, Jangan Sampai Bikin Repot

 

Perawatan tidak hanya berfokus pada mesin mobil, tetapi juga pada ban. Ban adalah satu-satunya bagian mobil yang menyentuh jalan, menopang bobot mobil, dan menahan guncangan saat melintas di jalur yang tidak rata atau rusak.

 

Selain itu, ban juga memiliki peran dalam pengereman dan mengendalikan arah mobil melalui pengaturan dari setir. Setelah menyadari betapa pentingnya karet hitam ini, apakah Anda masih meremehkan kondisi ban Anda?

 

Ban mobil memiliki peran yang krusial, dan karena itu, perawatannya memerlukan perhatian khusus. Perawatan ban tidak hanya dilakukan di bengkel atau pusat penjualan ban saat melakukan pemasangan, balancing, atau spooring saja. Anda juga perlu terlibat aktif dalam perawatan ban Anda dan memahami cara menjaga kinerjanya tetap optimal dan usia pemakaiannya menjadi lebih panjang. Berikut adalah tips merawat ban yang dapat membantu Anda:

 

  1. Selalu Memeriksa Tekanan Angin:

   Pemeriksaan tekanan angin adalah langkah penting, terutama jika Anda akan melakukan perjalanan jauh. Tekanan angin yang stabil diperlukan agar ban tetap aman. Tekanan angin yang kurang dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar dan mengakibatkan keausan tidak merata pada ban.

 

  1. Menggunakan Ban Sesuai Standar:

   Setiap jenis mobil memiliki karakteristik yang berbeda, dan demikian pula dengan ban yang digunakan. Memilih ban yang sesuai dengan standar untuk jenis mobil Anda dapat membantu merawat ban dengan baik.

 

  1. Merotasi Ban Mobil:

   Merotasi posisi ban secara berkala dapat membantu mencegah keausan tidak merata. Ban depan dan belakang mengalami tekanan yang berbeda, dan dengan merotasi, Anda dapat memastikan bahwa keausan terjadi secara merata.

 

  1. Menghindari Lubang Saat Berkendara:

   Hindari kecepatan tinggi saat melintasi jalanan yang rusak atau berlubang. Hal ini dapat mencegah kerusakan pada ban dan juga memberikan keamanan pada pengendara.

 

  1. Membawa Barang Secukupnya

   Jangan melebihi kapasitas beban yang direkomendasikan untuk ban Anda. Beban yang berlebih dapat merusak ban dan mengurangi usia pakainya.

 

  1. Memastikan Tutup Pentil Terpasang

   Pastikan tutup pentil terpasang dengan baik. Keberadaan tutup pentil yang benar dapat mencegah kebocoran angin dan memastikan tekanan tetap stabil.

 

  1. Pemeriksaan Rutin ke Bengkel:

   Lakukan pemeriksaan rutin ke bengkel setidaknya satu bulan sekali. Pemeriksaan oleh ahli ban akan membantu mendeteksi masalah dengan cepat dan menjaga kondisi ban optimal.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

 

Dengan menjalankan tips-tips ini, Anda dapat menjaga performa ban Anda dan memastikan keselamatan serta kenyamanan selama perjalanan.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang