Tips Menghindar Dari Cuaca Panas / Terik Pada Kendaran Anda

Musim panas yang panas dan menyengat menantang kesehatan dan ketahanan kendaraan mobil. Suhu yang meroket dan kurangnya hujan membuat air semakin langka, sementara debu-debu beterbangan di udara. Ini adalah kontrast yang signifikan dengan awal tahun ini.

BACA JUGA: Mengemudi Aman di Malam Hari

Bagi mereka yang lebih sering berada di luar ruangan, tantangan ini lebih terasa dibandingkan dengan mereka yang dapat menikmati kesejukan AC. Kendaraan bermotor, seperti mobil, juga menghadapi ujian ketahanan mereka di bawah suhu tinggi, debu, dan lalu lintas yang padat.

 

Ketika cuaca seperti ini, tidak hanya manusia yang dapat merasakan dampaknya, tetapi mobil juga rentan mengalami masalah, bahkan bisa mogok dan memerlukan biaya tambahan untuk perbaikannya. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menjaga kesehatan Anda dan kendaraan Anda tetap prima selama musim panas yang panas ini.

 

  1. Pentingnya Parkir yang Bijak:

   Jangan pernah meninggalkan siapa pun di dalam mobil yang terparkir di tempat terbuka selama cuaca panas. Suhu dalam mobil bisa membahayakan nyawa manusia, terutama anak-anak. Ini adalah tindakan pencegahan yang sangat penting untuk menghindari kecelakaan fatal.

 

  1. Perlindungan dari Panas Matahari:

   Suhu yang tinggi dapat mempercepat keausan pada pelapis kursi, dashboard, dan peralatan lainnya di dalam mobil. Pastikan untuk menutup kaca depan dengan pelindung sinar matahari yang tersedia di toko aksesoris atau toko perlengkapan mobil. Ini akan membantu melindungi interior mobil dari efek buruk suhu tinggi.

 

  1. Pilih Tempat Parkir yang Tepat:

   Sebisa mungkin, pilihlah tempat parkir yang teduh untuk menghindari paparan langsung sinar matahari. Ini akan membantu mendinginkan suhu di dalam mobil.

 

  1. Ventilasi Setelah Parkir:

   Setelah parkir, bukalah jendela mobil untuk memberikan sirkulasi udara yang baik dan memungkinkan udara panas keluar. Anda juga dapat menutup permukaan kursi dan dashboard untuk mengurangi efek keausan akibat panas berlebihan.

 

  1. Dehidrasi

   Dalam cuaca yang panas, penting untuk tetap terhidrasi. Sama halnya dengan mobil, pastikan untuk memeriksa dan memperbanyak cairan pada mesinnya. Ini akan membantu mencegah overheat dan menjaga kinerja mesin.

 

  1. Perawatan Rutin Mobil

   Pemeriksaan dan perawatan rutin mobil menjadi lebih krusial selama musim panas. Pastikan untuk memeriksa dan merawat sistem pendingin udara (AC) secara teratur. Bawalah mobil ke bengkel AC profesional jika diperlukan.

 

  1. Periksa Sistem Pendingin Mesin:

   Dalam cuaca panas dan kemacetan, sistem pendingin mesin bekerja ekstra keras. Periksa thermostat, engine belt, hoses, cooling fan, dan coolant level untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

 

  1. Pemeriksaan Fluida:

   Pastikan untuk memeriksa semua sistem fluida mobil seperti oli mesin, oli transmisi, dan oli power steering. Lakukan penggantian sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan.

 

  1. Tekanan Angin Ban dan Rotasi:

   Pastikan tekanan angin ban sesuai dengan rekomendasi. Lakukan rotasi ban dan alignment secara berkala untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan memperpanjang umur ban.

 

  1. Periksa Sistem Kelistrikan dan Battery:

    Periksa sistem kelistrikan mobil dan kondisi baterai. Pertimbangkan untuk menggantinya jika sudah cukup tua.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

 

Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat menjaga kesehatan dan ketahanan mobil Anda selama musim panas yang penuh tantangan ini.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang