Benarkah Mobil Matic Tak Boleh Didorong atau Diderek?

Berita ini telah tersebar di kalangan pengemudi dan pemilik mobil matic bertransmisi otomatis. Menurut informasi tersebut, mobil dengan transmisi otomatis akan mengalami kerusakan jika dipindahkan dari satu lokasi ke lokasi lain dengan cara didorong atau diderek dalam kondisi mesin mati. Sebab itulah, banyak pengemudi yang merasa cemas dan pada akhirnya enggan menggerakkan mobil otomatis mereka ketika mengalami mogok di jalan, terutama jika kondisi jalan saat itu dianggap kurang aman.

BACA JUGA: Meminimalisasi Blind Spot Saat Mengendarai Mobil

Kekhawatiran ini muncul karena keyakinan bahwa pelumasan komponen dalam transmisi otomatis sangat bergantung pada cairan hidrolik atau minyak transmisi otomatis. Cairan hidrolik ini hanya beredar ketika mesin mobil dinyalakan. Oleh karena itu, untuk mengalirkan cairan tersebut, diperlukan pompa hidrolik yang hanya berfungsi saat mesin beroperasi.

 

Walaupun memang benar bahwa sirkulasi cairan hidrolik untuk melumasi komponen dalam transmisi hanya terjadi ketika pompa hidrolik aktif, hal ini tidak berarti transmisi akan rusak jika mobil dipindahkan dalam keadaan mesin mati. Terutama, jika beberapa poin di bawah ini diperhatikan:

 

  1. Didorong atau Digeser ke Tempat yang Lebih Aman:

   Menggerakkan mobil otomatis dari tengah jalan ke tepi jalan atau tempat yang lebih aman tidak akan memiliki dampak negatif terhadap kondisi transmisi otomatis.

 

  1. Pemindahan Mobil dengan Diderek:

   Pemindahan mobil dengan cara diderek juga tidak akan mempengaruhi kondisi transmisi otomatis, selama proses penderekan memperhatikan kecepatan dan jarak tempuh sesuai standar yang ditetapkan oleh masing-masing ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk).

 

  1. Pastikan Transmisi dalam Posisi Netral:

   Saat mobil didorong atau diderek, penting untuk memastikan bahwa tuas transmisi berada pada posisi Netral (N).

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

 

Informasi ini diharapkan dapat meredakan kekhawatiran yang tidak perlu dan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang perawatan mobil bertransmisi otomatis.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang