5 Fungsi Roda Mobil yang Jarang Diketahui

Pertanyaan mengenai fungsi roda biasanya dijawab dengan tujuan agar kendaraan dapat bergerak dengan lancar. Namun, sebetulnya peran roda tidak hanya sampai di situ. Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai fungsi-fungsi lain dari roda.

BACA JUGA: Jangan Panik, Inilah Penyebab Rem Mobil Tidak Balik Lagi

  1. Menopang Seluruh Beban Mobil  

   Fungsi utama roda adalah menopang seluruh beban mobil. Roda yang terletak di keempat sisi mobil, tepat di bagian bawah, harus mampu menanggung berat keseluruhan mobil. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa roda memiliki batas ketahanan. Mengabaikan batas berat beban, terutama saat membawa barang berlebih, dapat menyebabkan masalah dan bahkan kerusakan pada roda.

 

  1. Menyerap Getaran  

   Roda juga berperan dalam menyerap getaran. Meskipun sudah ada shock absorber untuk meredam getaran, roda, dengan bahan karet dan udara bertekanan di dalamnya, mampu lebih efektif menyerap getaran. Ini memberikan kenyamanan dan pengalaman berkendara yang lebih baik.

 

  1. Mentransfer Tenaga Mesin ke Jalan  

   Mesin mobil mampu menghasilkan tenaga besar, tetapi tanpa roda, tenaga tersebut tidak akan mencapai permukaan jalan. Kerjasama antara tenaga mesin dan roda memungkinkan kendaraan bergerak. Kontak yang baik antara roda dan jalan juga penting untuk mencegah masalah seperti tergelincir.

 

  1. Berperan dalam Pengereman  

   Roda tidak hanya memindahkan tenaga mesin, tetapi juga harus dapat menyampaikan upaya pengereman ke permukaan jalan. Selain untuk percepatan, roda harus efektif dalam menangani usaha pengereman untuk mengurangi kecepatan atau berhenti.

 

  1. Mendukung Sistem Kemudi Mobil  

   Fungsi terakhir dari roda adalah mendukung kinerja sistem kemudi mobil. Kehadiran roda memungkinkan pengemudi untuk mengarahkan atau membelokkan mobil dengan mudah, hanya dengan memutar kemudi sesuai arah yang diinginkan.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Terlihat jelas bahwa roda memiliki peran penting dalam setiap aspek operasional mobil. Dari menggerakkan tenaga mesin, melakukan pengereman, hingga mendukung sistem kemudi, roda memiliki dampak signifikan. Jadi, pengecekan berkala terhadap kondisi roda dan komponen kaki-kaki lainnya sangat penting untuk menjaga performa dan keamanan kendaraan Anda. Pastikan untuk melakukan pengecekan rutin dengan layanan bengkel resmi seperti Auto2000 agar mobil selalu dalam kondisi prima.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang