3 Penyebab Busi Mobil Cepat Mati

Pernahkah Anda menghadapi situasi di mana busi mobil cepat mati meskipun baru saja diganti? Kejadian ini bisa menjadi pertanda bahwa mesin kendaraan Anda tengah mengalami masalah. Sebelum mengambil langkah perbaikan, penting untuk mengetahui penyebab dari masalah busi mobil yang cepat mati. Apa saja faktor yang mungkin menjadi pemicu? Berikut penjelasannya.

 

BACA JUGA: Jangan Salah Pasang Dongkrak Mobil Simak Caranya

 

Kelembaban Oli pada Ruang Mesin

 

 

Salah satu penyebab umum busi cepat mati adalah kelembaban oli yang terdapat pada ruang mesin. Oli yang berlebihan dapat menutup dan menghambat busi dalam menciptakan percikan api dengan optimal. Dampaknya, aliran listrik pada busi dapat terganggu, bahkan berpotensi merusak komponen lain seperti koil atau power transistor.

 

Kondisi ruang mesin yang basah oleh oli umumnya disebabkan oleh ausnya dinding silinder mesin, sehingga cincin oli tidak mampu mencegah masuknya oli ke ruang mesin. Jika situasi ini terjadi, kendaraan biasanya akan mengeluarkan asap putih kebiru-biruan melalui knalpot, dan bau seperti oli mesin yang terbakar akan tercium.

 

Gangguan pada Jalur Pengapian

 

Jalur pengapian yang mengalami konslet juga dapat menjadi penyebab busi cepat mati. Contohnya, kabel busi yang mengalami kerusakan pada lapisan pelindung luarnya, sobek, atau bocor dapat menyebabkan aliran listrik yang seharusnya menuju ke busi malah bocor dan mengarah ke bodi mesin.

 

Kondisi-kondisi seperti konslet pada jalur pengapian akan berdampak pada kinerja busi, dan mungkin dengan mudah menyebabkan busi menjadi cepat mati. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan pemeriksaan jalur pengapian sebelum memutuskan untuk mengganti busi.

 

Kemungkinan Kelebihan Bensin di Ruang Mesin

 

Jumlah bensin yang berlebihan di dalam ruang mesin juga bisa menjadi penyebab busi cepat mati. Jika terlalu banyak bensin, permukaan busi akan selalu basah dan sulit untuk menciptakan percikan api yang dibutuhkan.

 

Masalah ini sering dijumpai pada mesin mobil dengan sistem karburator sebagai suplai bahan bakar. Meskipun demikian, mesin mobil yang menggunakan sistem EFI juga dapat mengalami situasi serupa, biasanya akibat injektor yang sudah mulai kotor sehingga bensin yang disemprotkan tidak lagi dalam bentuk kabut spray yang baik.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Demikianlah beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab busi mobil cepat mati. Jika kondisi busi mobil sudah terlanjur parah, penting untuk segera membawanya ke bengkel resmi dan terpercaya untuk mendapatkan perbaikan yang tepat.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

LEAVE REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *