Suara Berderit Setelah Melibas Genangan

Kejadian banjir yang hampir saja melumpuhkan para pengemudi di ibukota juga mengakibatkan kasus serupa. Suara berderit di ruang mesin setelah mobilnya melibas genangan air. Suara seperti tikus terdengar, “cit… cit.. cit”, saat mesin dihidupkan. Namun, suara tersebut tidak berlangsung lama. Beberapa menit kemudian, suara itu menghilang dengan sendirinya.

BACA JUGA: Radiator Mampet Hati-Hati Mesin Macet

Meskipun tidak terganggu lagi, sebagai pengemudi yang sangat memperhatikan kendaraannya, anggota AstraWorld ini masih ingin memahami kasus tersebut secara lebih rinci. Maka, dia mengirim pertanyaan ke [email protected].

 

Dari penjelasan kasus tersebut, terlihat bahwa suara berderit muncul karena tali kipas yang lembab setelah melalui genangan air.. Tali kipas yang basah cenderung licin. Efek licin ini yang menyebabkan bunyi berderit. Ketika kering, tali kipas berfungsi normal kembali. Itulah sebabnya suara aneh tersebut tidak terdengar lagi.

 

Tidak perlu khawatir jika mengalami kejadian serupa. Selama kondisi tali kipas masih baik, kejadian seperti itu tidak akan berdampak pada kinerja mesin mobil.

 

Namun, yang perlu diperhatikan adalah jika bunyi berderit disertai dengan perubahan pada meter di instrumen panel. Misalnya, lampu gambar baterai menyala. Ini bisa menjadi tanda adanya kemungkinan tali kipas yang lepas atau putus.

 

Jika tali kipas lepas atau putus, dampaknya bisa fatal. Pasalnya, tali kipas adalah komponen krusial dalam mobil yang menghubungkan gerakan putaran yang dihasilkan oleh mesin. Melalui tali kipas ini, gerakan putaran mesin digunakan untuk memutar alternator (dinamo amper) yang menghasilkan arus listrik. Selain itu, tali kipas juga berperan dalam sirkulasi air pendingin mesin.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Oleh karena itu, merawat dan memeriksa tali kipas secara rutin sangat penting. Disarankan untuk melakukan pemeriksaan dan penggantian sesuai dengan batas kilometer yang telah ditetapkan.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

LEAVE REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *