Rutin Periksa Ban Tingkatkan Keamanan

Salah satu poin periksa yang wajib dilakukan sebelum memulai perjalanan adalah menginspeksi periksa ban. Pastikan untuk memeriksa semua ban, baik di sisi kiri maupun kanan, bagian depan, dan bagian belakang. Jangan abaikan kemungkinan ada ban yang kempes. Apabila terdapat kekurangan tekanan udara, sebaiknya berhenti sejenak di stasiun SPBU terdekat atau lokasi yang menyediakan fasilitas untuk menambah tekanan udara.

 

Pemeriksaan ini, meskipun terlihat sederhana, kadangkala dianggap sepele oleh para pengemudi yang cenderung langsung masuk ke dalam kendaraan dan memacu laju. Padahal, kondisi ban yang siap pakai memiliki peran penting dalam menjaga keselamatan berkendara. Tekanan udara yang kurang akan meningkatkan gesekan antara tapak ban dan permukaan jalan (menjadi lengket), yang kemudian meningkatkan suhu ban dengan cepat. Jika dipaksa, ban yang tekanan udaranya kurang dapat mudah pecah.

 

Tidak hanya risiko pecah, tetapi juga dapat merusak kembang ban di bagian sudut luar atau bahu ban lebih cepat. Tekanan udara yang rendah membuat ban lebih sulit berputar, yang pada gilirannya meningkatkan beban mesin untuk menggerakkan kendaraan. Oleh karena itu, ban yang kempes dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar lebih boros.

 

Sebaliknya, tekanan udara yang terlalu tinggi juga bukan pilihan yang aman. Selain menyebabkan keausan lebih cepat di sisi tengah dan memberikan sensasi suspensi yang lebih keras, kondisi ini juga dapat merusak kembang ban di bagian tengah. Daya cengkeram ban terhadap permukaan jalan, yang memengaruhi stabilitas saat pengereman atau manuver di tikungan, juga akan berkurang. Seperti halnya ban dengan tekanan udara rendah, tekanan udara yang terlalu tinggi juga dapat membuat ban mudah pecah.

 

Karenanya, yang paling aman adalah memastikan tekanan udara yang ideal. Biasanya, angka tekanan ideal tertera di sisi dalam pintu dekat setir pengemudi atau dapat ditemukan di buku panduan pemilik kendaraan. Saat menambah tekanan udara, pastikan untuk menyesuaikannya dengan standar pabrikan.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

 

Lebih baik lagi jika ban kendaraan Anda diisi dengan gas nitrogen. Penggunaan nitrogen memiliki keunggulan karena dapat mengurangi risiko terjadinya karat pada velg ban.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

 

LEAVE REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *