3 Penyebab Setir Mobil Bergetar Saat Direm

3 Penyebab Setir Mobil Bergetar Saat Direm

 

Mengatasi Vibrasi Setir Saat Mengerem: Solusi untuk Kenyamanan Berkendara

 

Apakah Anda pernah merasakan getaran pada setir kendaraan saat Anda melakukan pengereman? Kondisi seperti ini dapat terjadi karena ada gangguan pada komponen mesin mobil Anda. Penting bagi Anda untuk memahami penyebab getaran pada setir kendaraan saat direm beserta langkah-langkah mengatasi masalah ini. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut.

BACA JUGA:Ketahui Fungsi Dongkrak dan Cara Menggunakannya Saat Darurat

Apa yang Menyebabkan Getaran pada Setir Saat Diredam?

 

Terdapat beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab munculnya getaran pada setir kendaraan saat Anda melakukan pengereman. Berikut beberapa penyebab umum yang sering ditemui:

 

Pengikisan Rotor Rem

Salah satu penyebab umum getaran pada setir saat direm adalah pengikisan pada rotor rem. Rotor merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pengereman mobil. Bentuknya menyerupai cakram dan berfungsi untuk menekan pelek mobil ketika pedal rem diinjak.

Walaupun terbuat dari logam tahan panas, rotor memiliki batas kapasitasnya sendiri. Panas yang dihasilkan saat rem digunakan dapat mengikis permukaan rotor seiring waktu. Saat rotor mengalami pengikisan, komponen lain dalam sistem pengereman menjadi tidak bekerja dengan normal, sehingga timbul getaran yang mencapai setir mobil.

 

Kerusakan pada Shockbreaker Belakang

Getaran pada setir saat mengerem juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada shockbreaker bagian belakang mobil. Shockbreaker berfungsi sebagai peredam guncangan. Dengan adanya shockbreaker, guncangan saat mobil melalui permukaan jalan yang tidak rata dapat diredam.

Jika shockbreaker mengalami kerusakan, segel piston dapat menjadi longgar dan menyebabkan cairan bocor dari dalam silinder. Akibatnya, setir mobil akan bergetar saat Anda mengerem. Jika masalah ini dibiarkan, setir bisa menjadi sulit dikendalikan, yang tentu saja membahayakan keselamatan Anda.

 

Kekeringan Guide Pin

Selain rotor dan shockbreaker, guide pin juga dapat menjadi penyebab getaran pada setir saat direm. Guide pin merupakan salah satu komponen dalam sistem pengereman yang berfungsi untuk mengalirkan energi dari pedal rem ke rotor, sehingga sistem pengereman dapat berfungsi dengan baik.

Jika guide pin mengering, energi dari pedal rem tidak dapat disalurkan dengan baik ke rotor. Hal ini dapat terjadi karena pedal rem tidak mencapai sudut pijakan yang tepat. Akibatnya, pengereman tetap berjalan, tetapi tidak bekerja secara optimal. Getaran pun dapat terjadi dan mencapai setir mobil.

 

Langkah-langkah Mengatasi Getaran pada Setir Saat Diredam

 

Jika Anda mengalami getaran pada setir saat mengerem, Anda dapat mengambil langkah-langkah berikut untuk mengatasi masalah ini:

 

Mengganti Rotor Rem

 

Jika penyebabnya adalah pengikisan pada rotor rem, solusi terbaik adalah mengganti rotor dengan yang baru. Rotor yang sudah aus dapat menyebabkan masalah lain dalam sistem pengereman jika tidak segera ditangani. Selain mengganti rotor, Anda juga sebaiknya mempertimbangkan untuk me replace pelat yang ada di pedal rem guna mencegah timbulnya getaran pada setir.

 

Menjalankan Pelapisan Ulang

 

Disamping menukar rotor, Anda bisa juga melaksanakan pelapisan ulang kepada rotor yang mulai aus. Progress pelapisan ulang ini dapat dilakukan jika kerusakan pada rotor belum terlalu parah. Tujuannya adalah untuk mengembalikan lapisan logam pada permukaan rotor yang sudah terkikis.

 

Melumasi Guide Pin

 

Jika getaran pada setir disebabkan oleh guide pin yang mengering, solusi yang tepat adalah melumasi guide pin. Gunakan minyak pelumas khusus untuk merawat guide pin secara teratur. Hal ini akan mencegah guide pin mengering dan terkena korosi.

 

Kesimpulan

 

Masalah getaran pada setir saat mengerem umumnya disebabkan oleh gangguan pada sistem pengereman. Untuk mencegah masalah ini terjadi, lakukanlah pengecekan berkala terhadap sistem pengereman Anda.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Kunjungi Bengkel Spesialis Kaki Mobil Arum Sari Bandung.

Alamat: Jl. Raya Panyileukan No.9, Cipadung Kidul, Kec. Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

 

 

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

LEAVE REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *