Rawat Shockbreaker Agar Tetap Bekerja Maksimal

Rawat Shockbreaker Agar Tetap Bekerja Maksimal

 

Suspensi: Keamanan dan Kenyamanan di Jalan Raya

 

Tatkala mengendarai sebuah kendaraan, salah satu faktor terpenting yang menentukan kenyamanan adalah suspensi. Meskipun memiliki beragam bentuk dan sistem, fungsi utama suspensi adalah memberikan kenyamanan kepada pengendara. Perusahaan mobil pun melakukan berbagai uji coba dan penelitian agar suspensi yang terpasang pada mobil hasil produksinya mampu memberikan tingkat kenyamanan yang maksimal. 

BACA JUGA:Ketahui Fungsi Dongkrak dan Cara Menggunakannya Saat Darurat

Namun, konsep “nyaman” bisa bersifat relatif, karena persepsi setiap konsumen bisa berbeda-beda. Apa yang dianggap nyaman oleh perusahaan mobil belum tentu sesuai dengan pandangan konsumen yang menggunakan kendaraan tersebut. Inilah sebabnya mengapa seringkali pengendara merasa perlu untuk menyesuaikan ulang atau bahkan memodifikasi suspensi mobil mereka sendiri.

 

Mengawali perawatan suspensi, fokuslah pada komponen penting bernama shockbreaker. Ini adalah perangkat yang bertanggung jawab dalam meredam goncangan. Shockbreaker umumnya terbuat dari bahan logam baja untuk memberikan daya tahan yang lama. Namun, seperti semua komponen, usia shockbreaker tetap terbatas dan dapat mengalami keausan seiring waktu, terutama pada bagian seal yang terbuat dari karet.

 

Penting untuk diingat bahwa shockbreaker berfungsi pada setiap roda. Fungsinya adalah mendukung peran pegas dalam meredam getaran. Frekuensi terpapar goncangan dan beban berlebihan akan membuat daya tahan shockbreaker semakin menurun. Hasilnya, mobilitas mobil dapat terasa tidak stabil dan mengambang saat bergerak.

 

Meskipun membeli set baru dari shockbreaker dapat menjadi pilihan, ada juga cara untuk mengatasi masalah ini dengan lebih hemat. Salah satu caranya adalah merawat shockbreaker sejak dini. Ini bukanlah tugas yang sulit, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil:

 

Hindari jalan berlubang atau rusak. Jika memang harus melewati area tersebut, usahakan untuk melakukannya dengan kecepatan yang lebih lambat. Hindari menerjang lubang secara kasar agar suspensi dapat meredam goncangan dengan lebih efektif.

 

Jangan melebihi kapasitas beban yang disarankan oleh pabrikan mobil. Beban berlebihan akan memaksa suspensi bekerja keras, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan penurunan kinerja komponen dan merusak sistem suspensi.

 

Rutin membersihkan shockbreaker dari kotoran dan debu. Kotoran yang menempel dapat merusak seal dan piston shockbreaker jika dibiarkan. Beberapa jenis shockbreaker dilengkapi dengan karet penutup untuk melindungi komponen dari masuknya kotoran. Pastikan karet penutup tersebut tidak sobek atau rusak.

 

Dengan menjalankan langkah-langkah perawatan sederhana ini, Anda dapat memperpanjang umur pakai shockbreaker dan menjaga kinerja suspensi mobil Anda. Selain itu, Anda juga dapat menjaga kenyamanan dan keselamatan dalam setiap perjalanan di jalan raya. Jadi, mari kita berkomitmen untuk merawat suspensi dengan baik demi pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan aman.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Kunjungi Bengkel Spesialis Kaki Mobil Arum Sari Bandung.

Alamat: Jl. Raya Panyileukan No.9, Cipadung Kidul, Kec. Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

 

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

LEAVE REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *