Mendengar Kaki-Kaki Mobil Sedan Bunyi?

Mendengar Kaki-Kaki Mobil Sedan Bunyi?

 

Penyebab dan Penanganan Bunyi pada Kaki-kaki Mobil Sedan

 

Mendengar bunyi-bunyi tak biasa dari kaki-kaki mobil sedan bukanlah hal yang menggembirakan. Seharusnya, komponen ini dirancang untuk bekerja tanpa mengeluarkan suara. Oleh karena itu, ketika Anda mendengar bunyi-bunyi tersebut, kemungkinan besar ada masalah yang perlu diatasi.

BACA JUGA:Ketahui Fungsi Dongkrak dan Cara Menggunakannya Saat Darurat

Bunyi “kletek-kletek” saat mobil sedan digas bisa disebabkan oleh bantalan crankshaft yang aus atau klep yang melemah. Ini juga dapat menjadi pemicu bunyi pada kaki-kaki mobil sedan. Lalu, apa faktor penyebab bunyi-bunyi tersebut? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

 

Mengidentifikasi Penyebab Bunyi pada Kaki-kaki Mobil Sedan

 

Gemuruh pada Bearing

Salah satu bunyi yang sering muncul dari kaki-kaki mobil sedan adalah gemuruh yang tidak wajar, yang berasal dari roda depan kendaraan. Biasanya, hal ini disebabkan oleh kerusakan pada bearing. Akibatnya, roda akan mengeluarkan suara seperti logam tergerus saat mobil bergerak pada kecepatan rendah.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba mengangkat mobil hingga roda tergantung dan memutar roda dengan cepat untuk memperbaiki kondisi bearing. Namun, jika bunyi tetap terdengar, sebaiknya bawa kendaraan ke bengkel untuk memeriksa dan kemungkinan mengganti bearing yang rusak.

 

Suara “Klotok-Klotok” pada Tie Rod

Benda ini merupakan bagian penting dalam kaki-kaki mobil yang menghubungkan pergerakan setir dengan roda. Jika Anda merasakan setir terasa longgar, sulit dikendalikan, dan disertai dengan suara “klotok-klotok,” itu berarti tie rod mungkin mengalami kerusakan. Solusinya adalah dengan membawa mobil ke bengkel untuk penggantian tie rod yang rusak.

 

Bunyi “Berdecit” pada Shockbreaker

Jika Anda mendengar bunyi yang mirip dengan suara “berdecit,” periksalah shockbreaker. Komponen ini berfungsi meredam getaran saat melewati jalan bergelombang atau berlubang. Namun, jika shockbreaker rusak, Anda akan mendengar bunyi tersebut, terutama saat melintasi polisi tidur atau tanjakan yang tidak terlalu tinggi.

 

Selain bunyi, Anda juga akan merasakan guncangan yang berulang kali, mengurangi kenyamanan saat berkendara. Jadi, segera periksa dan ganti shockbreaker jika diperlukan.

 

Suara “Kletek-Kletek” pada Ball Joint

Bunyi “kletek-kletek” pada kaki-kaki mobil sedan mengindikasikan masalah pada bagian ball joint atau as roda. Bunyi ini biasanya muncul saat Anda membelokkan setir dan sering disertai dengan getaran yang terasa hingga ke kemudi.

Jika Anda mengalami hal ini, perlu mengganti ball joint yang rusak untuk mengatasi bunyi dan getaran yang tidak diinginkan.

 

Suara “Kruk-Kruk” pada Link Stabilizer

Waspadai bunyi “kruk-kruk” pada kaki-kaki mobil, yang mungkin menandakan kerusakan pada link stabilizer. Komponen ini menghubungkan antara stabilizer dengan coilover shock. Jika link stabilizer rusak, bunyi tersebut akan terdengar, terutama saat melewati jalan rusak atau berlubang.

Memang, Anda bisa melakukan penanganan masalah bunyi pada kaki-kaki mobil sedan ini sendiri. Namun, jika Anda merasa kurang yakin atau tidak memiliki alat yang sesuai, lebih baik bawa mobil ke bengkel yang profesional dan terpercaya untuk melakukan perawatan yang dibutuhkan.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan
Kunjungi Bengkel Spesialis Kaki Mobil Arum Sari Bandung.

Alamat: Jl. Raya Panyileukan No.9, Cipadung Kidul, Kec. Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

 

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang