Merawat Ban Cadangan Agar Selalu Siap Digunakan

Alasan mengapa setiap mobil dilengkapi dengan ban cadangan adalah untuk menghadapi kondisi darurat. Oleh karena itu, pemilik mobil tidak boleh mengabaikan fungsi komponen ini, terutama saat menjalani perjalanan jauh seperti liburan atau kegiatan sehari-hari.

BACA JUGA: Mengenal Fungsi Ring Piston Dalam Mesin Mobil

 

Merawat ban cadangan merupakan kewajiban pemilik mobil agar kondisinya selalu optimal. Dengan begitu, ban tersebut siap digunakan setiap kali dibutuhkan. Menjaga tekanan udara tetap stabil merupakan hal utama dalam perawatan ban cadangan, demikian diungkapkan oleh Suparman.

 

“Merawat ban cadangan sebenarnya tidak sulit, sama seperti merawat ban yang digunakan. Yang paling utama adalah menjaga tekanan udara tetap stabil,” ungkapnya. “Setelah itu, perhatikan kondisi karetnya, sehingga saat darurat, ban sudah siap digunakan,” tambahnya.

 

Sayangnya, banyak pemilik mobil yang kurang memperhatikan kondisi ban cadangan. Bahkan, ada yang sama sekali tidak pernah memeriksanya, sehingga saat dibutuhkan, kondisinya sudah tidak layak pakai. Hal ini membuat ban serep dianggap sebagai aksesori tambahan atau pelengkap kendaraan saja, padahal fungsinya sangat penting.

 

Suparman menegaskan pentingnya untuk memeriksa kondisi ban cadangan setidaknya satu bulan sekali. Untuk menjaga kualitas karet ban, pemilik dapat menggunakan pelembab yang biasa digunakan untuk semir ban. Namun, untuk hasil maksimal, disarankan melakukan rotasi penggantian ban yang melibatkan ban cadangan.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

 

Dengan melakukan rotasi, tingkat keausan ban dapat merata antara bagian belakang, depan, kiri, kanan, dan ban cadangan. “Rotasi atau penggantian ban sebaiknya dilakukan, terutama jika dimensi ban cadangan sama dengan ban yang digunakan,” terang Suparman. “Rotasi ini akan membuat karet dan komponen ban yang jarang digunakan tetap bergerak, selain itu, permukaan ban akan mengalami keausan secara merata,” tambahnya.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang