Ini 7 Cara Mengatasi Suara Mesin Mobil Mendengung

Mendengar suara mendengung dari mesin mobil bisa menjadi pertanda adanya masalah yang perlu segera diatasi. Pengemudi yang paham akan suara normal mobilnya tentu bisa menangkap perubahan tiba-tiba ini. Namun, untuk mengetahui penyebab pastinya, diperlukan pemeriksaan menyeluruh, karena tidak hanya mesin yang mungkin menjadi sumber suara tersebut.

BACA JUGA: 7 Tips Cegah Rem Mobil Blong di Jalan

  1. Pompa Power Steering Rusak

   Suara mendengung yang tiba-tiba muncul dapat disebabkan oleh kerusakan pada pompa power steering. Sistem hidrolik pada mobil yang menggunakan power steering hidrolik bisa menjadi penyebab, terutama jika komponen pompa dalam kondisi aus.

 

  1. Kompresor AC Rusak:

   Kondisi aus pada kompresor AC juga dapat menghasilkan suara mendengung. Saat gesekan antar logam dalam kompresor AC mengalami aus, suara tersebut akan terdengar. Perubahan suara bisa terjadi tergantung pada pengaturan suhu AC.

 

  1. Bearing Pulley Mesin Aus:

   Pulley yang mengalami aus, seperti pulley idler, pulley mesin, atau pulley alternator, dapat menyebabkan suara mendengung. Setiap pulley saling terhubung, sehingga ausnya satu bagian dapat memengaruhi yang lain.

 

  1. Ban Tidak Rata:

   Suara mendengung juga bisa disebabkan oleh ban yang tidak rata, terutama saat melewati jalanan tidak rata. Meskipun tidak perlu terlalu khawatir kecuali ban mengalami kerusakan, namun perlu melakukan pemeriksaan berkala.

 

  1. Ban Salah Arah:

   Pemasangan ban dengan arah putaran yang salah dapat menghasilkan suara mendengung saat mobil bergerak. Cek arah putaran ban secara berkala untuk menghindari masalah ini.

 

  1. Kopel Joint Sudah Aus:

   Pada mobil penggerak roda belakang, kopel joint yang aus bisa menjadi sumber suara mendengung. Kopel joint yang aus membutuhkan penggantian untuk mengembalikan kinerjanya.

 

  1. Bearing Roda Aus:

   Bearing roda depan yang mengalami keausan dapat menghasilkan suara mendengung dan gesekan. Pemeriksaan berkala perlu dilakukan untuk mengganti bearing yang aus.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Penting untuk selalu memperhatikan suara yang tidak biasa dari mobil dan melakukan pemeriksaan rutin. Jika suara mendengung tidak segera diatasi, dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada komponen mobil.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang