Mencegah Kabin Mencegah Kabin Bising dan Bodi Bergetar

Semakin nyaman dan tenang kabin mobil, semakin nikmat pengalaman berkendara. Namun, tidak semua kabin dapat memberikan suasana yang diinginkan. Banyak pengemudi yang mengeluh tentang kebisingan, terutama saat melaju dengan kecepatan tinggi, yang dapat terdengar berdengung dan kasar.

BACA JUGA: Tips Jika Sistem Kaki-Kaki Rusak

 

Terlebih lagi, pada kecepatan tertentu, ketidaknyamanan semakin terasa karena getaran bodi yang cukup keras. Terdapat empat komponen yang perlu diperhatikan ketika gejala-gejala ini muncul di mobil kita, yaitu gardan, bearing roda, as kopel, dan roda (ban) itu sendiri. Kesemua komponen ini terkait dengan sistem penggerak.

 

Meskipun gejala kebisingan dan getaran pada bodi tidak terjadi saat kendaraan berhenti, tetapi bising dan getaran tersebut muncul akibat kondisi abnormal pada komponen-komponen sistem penggerak. Komponen-komponen dalam sistem penggerak memiliki sensitivitas yang tinggi, dan ketidakpresisian sedikit saja dapat menimbulkan bunyi dan getaran yang keras karena interaksi antar logam.

 

Namun, untuk mencegahnya, ada langkah-langkah perawatan rutin yang dapat diambil, seperti melakukan perawatan sistem penggerak secara berkala, mulai dari kopel hingga roda mobil. Berikut beberapa tips perawatan yang bisa dilakukan:

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

 

  1. Ganti oli gardan dengan rutin  setiap 20.000 km dan gunakan pelumas dengan nilai kekentalan yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan.
  2. Lakukan spooring dan balancing roda secara rutin setiap 10.000 km, dan pastikan untuk meminta bantuan bengkel saat melakukan servis kendaraan.
  3. Lakukan rotasi ban secara berkala.
  4. Ganti grease pada bearing roda sesuai dengan rekomendasi,Bagi mobil yang menggunakan sistem kopel dengan jenis pelumasan yang perlu diulang.
  5. Tambahkan grease pada join-join kopel, terutama untuk kendaraan yang menggunakan jenis kopel dengan tipe pelumasan ulang.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

 

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang