Kopling Lengket Setelah Terendam Banjir

Jika mobil Anda mengalami genangan air selama banjir baru-baru ini, perhatikanlah apakah ada perubahan dalam kinerja kendaraan Anda dan kopling lengket. Apakah ada gejala aneh yang muncul, terutama terkait dengan kopling? Apakah Anda mengalami kesulitan saat hendak memindahkan gigi transmisi ketika mesin sedang menyala?

 

Kesulitan mengoperasikan gigi transmisi seringkali terjadi pada kopling yang terkena dampak air. Proses pemindahan gigi dapat menjadi sulit dilakukan ketika mesin sedang berjalan. Kondisi ini sering disebut sebagai “kopling lengket”.

 

Penyelesaiannya cukup sederhana. Dalam beberapa kasus, kopling lengket dapat diatasi dengan memaksa mesin berputar dalam posisi gigi transmisi masuk sementara pedal kopling ditekan. Teknik ini melibatkan menekan kopling saat mesin mati, memasukkan gigi transmisi, dan kemudian memutar kunci kontak ke posisi “START”. Meskipun mobil mungkin terasa sedikit melompat, namun jika kesulitan mengoper gigi tidak terlalu parah, masalahnya dapat teratasi.

 

Jika langkah-langkah tersebut tidak berhasil (mobil melompat dan mesin langsung mati), Anda dapat mencoba menyelesaikan masalah dengan mendorong mobil maju atau mundur sambil memegang pedal kopling saat gigi transmisi sudah dimasukkan. Selakukan ini tanpa menghidupkan mesin.

 

Jika semua upaya tersebut gagal, maka kemungkinan besar kopling perlu dilakukan overhaul. Jika kondisi kampas kopling masih tebal, cukup membersihkannya (amplas). Namun, jika terlihat rusak (robek atau sangat tipis), sebaiknya ganti kampas kopling dengan yang baru. Lebih baik lagi jika plat penekan (rumah matahari) juga diganti.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

 

Secara prinsip, kesulitan dalam pemindahan gigi transmisi terjadi karena pedal kopling tidak dapat membebaskan plat kopling dari flywheel dengan baik. Dalam kondisi “kopling lengket”, tugas untuk melepaskan kedua komponen ini terhambat oleh permukaan plat kopling yang menempel pada flywheel. Ini terjadi karena bahan permukaan plat kopling terbuat dari campuran asbes yang dapat melunak saat terpapar air.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

 

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang