Kenali 4 Penyebab Rem Tangan Mobil Tidak Berfungsi

Ada berbagai penyebab rem tangan mobil tidak berfungsi yang perlu Arumsari ketahui. Apalagi rem tangan menjadi bagian penting dari sistem kerja mobil yang harus selalu dalam kondisi prima. Jangan sampai ada kerusakan atau masalah yang timbul ketika Arumsari sedang berkendara. Mari mengenal penyebab masalah rem mobil tidak berfungsi muncul di bawah ini.

BACA JUGA: Yuk Ketahui Cara Kerja Kaliper Rem Cakram Mobil

Penyebab Rem Tangan Mobil Tidak Berfungsi

Total ada empat penyebab rem tangan tidak dapat berfungsi secara normal. Masing-masing masalah ini perlu Anda ketahui supaya jika ada masalah pada rem tangan, maka dapat mencoba memahami permasalahan awalnya.

1. Tidak Bisa Dikembalikan Setelah Ditarik

Penggunaan rem tangan sangatlah mudah. Anda hanya perlu menariknya ke bawah untuk melepaskan fungsi rem tangan. Untuk fungsi sebaliknya, yaitu menggunakan fungsi rem tangan, maka hanya perlu menariknya ke atas. 

Namun bagaimana jika tiba-tiba rem tangan tidak berfungsi dalam bentuk tidak bisa dikembalikan setelah ditarik? Maka itu adalah salah satu masalah dari rem tangan yang dapat muncul. Hal ini memang dapat membuat setiap pengendara panik. Namun Anda harus tetap tenang.

2. Terlalu Kuat Menarik Rem Tangan

Ya, benar sekali. Ketika Anda terlalu kuat menarik rem tangan secara terus menerus dalam setiap kesempatan penggunaan komponen ini, maka dapat menyebabkan masalah pada kemudian hari. Hal ini terjadi karena tuas rem tangan dapat melebihi ambang batas gerigi di dalamnya. Itulah mengapa muncul permasalahan ini.

Anda sangat disarankan untuk menarik rem tangan dengan perlahan agar penyebab kerusakan ini tidak terjadi seiring berjalannya waktu. Lebih baik mencegah dari awal daripada menunggu komponen ini rusak, bukan?

3. Lupa Menurunkan Rem Tangan

Dalam berkendara, pasti ada saja hal-hal yang Anda lupakan. Termasuk lupa menurunkan rem tangan. Sudah jelas hal ini sangat dilarang. Ketika rem tangan aktif namun mobil dipaksa bergerak maju karena lupa menurunkan rem tangan, maka dapat merusak kinerja komponen ini. Itulah mengapa bisa saja rem mobil Anda tidak berfungsi ketika hal ini Anda lakukan. 

Jangan sampai Anda lupa menurunkan rem tangan daripada timbul masalah pada mobil kesayangan. 

4. Menarik Rem Tangan Saat Mobil Masih Berjalan

Pernah melihat aksi pembalap yang melakukan atraksi drift dengan mobilnya? Untuk bisa melakukan atraksi itu, maka sang pembalap memacu mobilnya, lalu menarik rem tangan agar ban terkunci dalam beberapa detik. Namun aksi ini sama sekali tidak dianjurkan untuk Anda yang mengendarai mobil dengan spesifikasi standar. 

Selain dapat merusak kondisi mobil, termasuk rem tangan rusak, tentu saja sangat membahayakan keselamatan Anda. Oleh karena itu, jangan pernah menarik rem tangan saat mobil masih berjalan

Melihat berbagai permasalahan penyebab rem mobil tidak berfungsi dan betapa pentingnya fungsi dari komponen ini, jangan sampai Anda melupakan kondisinya. Oleh karena itu, sangat diperlukan waktu untuk melakukan service berkala. 

Seperti yang diketahui, sudah ada ketentuan dari pabrik mobil terkait batasan waktu dan total jarak tempuh bagi setiap mobil untuk melakukan service berkala. Begitu juga dengan produk-produk mobil Toyota.
Arumsari dapat melakukan service berkala bersama Arumsari. Kami menyediakan bengkel di setiap cabang Arumsari yang telah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Kondisi mobil Anda, termasuk rem tangan, dapat kembali prima dengan dukungan mekanik Arumsari. Kunjungi Arumsari untuk memilih jadwal kunjungan ke bengkel sekarang juga.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membawa mobil ke bengkel, silakan lakukan booking layanan THS-Arumsari Home Service melalui website atau aplikasi Arumsari Mobile kami.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

LEAVE REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *