Cek Fluida Mobil Anda

Merawat mobil merupakan tugas yang tidak sulit, terutama jika dilakukan secara teratur dan cermat. Mobil yang dirawat dengan baik akan memberikan kinerja yang optimal. Salah satu aspek yang perlu diperiksa secara berkala adalah fluida pada mobil, yang dapat diibaratkan sebagai darah yang mengalir dalam tubuh manusia. Apabila kondisinya baik, jumlahnya mencukupi, dan sirkulasi berjalan lancar, mobil akan bekerja dengan optimal.

 

BACA JUGA: Selimut Mobil yang Benar

 

Pemeriksaan ini dapat dilakukan dengan mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Untuk memulai, siapkan lap bersih dan parkirkan mobil di tempat yang datar. Sebaiknya, sebelum pemeriksaan, mobil sebaiknya dikendarai beberapa kilometer agar suhu dan kekentalan fluida berada dalam kondisi normal/kerja.

 

Disarankan pula untuk selalu mengacu pada buku manual pemilik setiap kali ada perubahan atau penambahan fluida. Periksa persyaratan spesifik agar sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Buku manual seringkali menyertakan ilustrasi atau petunjuk untuk memandu dalam melakukan pemeriksaan.

 

  1. Pemeriksaan Oli Mesin:

   Oli mesin berfungsi untuk melumasi setiap bagian mesin yang bergerak agar terhindar dari gesekan. Pemeriksaan dan penggantian secara berkala sangat penting untuk menjaga kinerja mesin tetap optimal. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencari dipstick/tangkai oli yang biasanya terpasang pada mesin. Tarik keluar dipstick, bersihkan dengan lap, dan perhatikan batas oli di ujung bawahnya. Jika berada di atas tanda minimum, volumenya dalam batas aman. Warna dan kekentalan oli juga perlu diperhatikan.

 

  1. Pemeriksaan Oli Transmisi:

       Ini berfungsi untuk melumasi komponen transmisi agar perpindahan gigi berjalan mudah. Warna pink dan tidak adanya bau terbakar menandakan kondisi oli yang baik. Pemeriksaannya mirip dengan oli mesin, namun perlu diperhatikan buku manual pemilik untuk mengetahui apakah perlu dilakukan ketika mesin hidup.

 

  1. Pemeriksaan Radiator Coolant:

   Radiator coolant adalah campuran air dengan aditif untuk meningkatkan titik didih dan menurunkan titik beku. Pemeriksaannya dilakukan dengan memeriksa wadah penampung di samping radiator. Pastikan berada di atas batas minimum.

 

  1. Pemeriksaan Minyak Rem:

   Minyak rem kritis untuk keselamatan, dan pemeriksaannya dapat dilakukan melalui wadah penampung di atas kompartemen mesin. Pastikan tinggi minyak rem tidak berada di bawah tanda minimum.

 

  1. Pemeriksaan Minyak Power Steering:

   Pemeriksaan fluida power steering mirip dengan pemeriksaan radiator coolant. Perhatikan ketinggianya dan tambah jika dibawah batas minimum.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

 

Tetesan cairan dari mobil dapat menjadi indikasi kondisi mobil. Untuk memeriksa jenis cairan yang menetes, letakkan koran di bawah tetesan. Warna cairan dapat memberikan petunjuk mengenai masalah yang mungkin terjadi pada mobil. Dengan pemeriksaan rutin ini, Anda dapat memastikan mobil tetap dalam kondisi optimal dan terhindar dari masalah yang mungkin timbul.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

 

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang