5 Trik Pintar Atur Barang Bawaan di Bagasi Mobil Saat Mudik

Biasanya saat perjalanan mudik dengan banyak penumpang, akan ada banyak barang yang diperlukan. Penting untuk memperhatikan cara menyusun barang bawaan pada bagasi mobil sehingga semua barang muat tanpa mengabaikan performa mobil dan keselamatan penumpang. Berikut adalah tips cerdas untuk memposisikan barang angkutan di bagasi mobil sehingga dapat Anda terapkan saat mudik di kemudian hari.

BACA JUGA: Trik mengemudi aman saat mudik dijalan tol unruk pemula

  1. Prinsip Pusat Gravitasi

Dalam prinsip pusat gravitasi, semakin rendah posisi beban, semakin baik kendali mobil dan semakin tinggi posisi beban, semakin berkurang kestabilan kendali seperti risiko terjadinya body roll atau mobil terasa akan tergelincir ke luar saat mobil berbelok. Tempatkan barang yang berat pada bagian lantai bagasi. Kemudian susul dengan barang-barang yang lebih ringan. Perhatikan juga risiko kerusakan, misalnya laptop yang cukup berat tetapi jika diletakkan di bawah dan ditumpuk barang lain, dapat mudah rusak. Lebih baik letakkan barang tersebut di posisi atas tanpa ditumpuk barang lain.

 

  1. Pastikan Keseimbangan Beban Kanan dan Kiri

Usahakan menempatkan bobot barang merata dan seimbang antara kanan kiri. Apabila beban tidak seimbang, misalnya lebih berat di sisi kanan, mobil akan condong ke kanan saat berjalan. Ini sangat berbahaya terutama saat mengemudi di jalan bergejolak karena handling menjadi kurang stabil.

 

  1. Perhatikan Pengaturan Interlock (barang saling terkunci)

Saat meletakkan barang, pastikan barang saling terkunci dan erat dengan body mobil di sisi kanan dan kiri. Usahakan tidak ada celah yang dapat menyebabkan pergeseran barang. Pastikan barang rapat dari kanan hingga kiri.

 

Untuk barang yang memiliki bentuk tinggi, letakkan dengan posisi tidur karena jika ditempatkan berdiri, kemungkinan pergeseran dan getaran menjadi lebih besar. Namun, jika letaknya berbahaya jika diletakkan pada posisi tertidur, barang tersebut dapat ditempatkan dengan posisi berdiri tetapi pastikan barang saling terkunci.

 

  1. Perhitungkan Kapasitas Mobil

Saat membawa barang, perlu diertimbangkan berat barang yang akan dibawa. Hitunglah berat penumpang, kemudian tambahkan berat barang dengan berat penumpang. Pastikan tidak melebihi batas berat maksimum mobil. Biasanya, mobil MPV (7 penumpang), batas maksimumnya sekitar 540 Kg. Jika terdapat 7 orang penumpang dengan bobot masing-masing 70 Kg, maka batas maksimum untuk barang adalah 50 Kg, jangan melebihi itu.

 

  1. Gunakan Bracket

Langkah terakhir adalah menggunakan bracket atau jaringan. Tujuannya adalah supaya angkutan tidak gampang bergeser dari posisinya. Bracket ini biasanya terbuat dari tali atau karet, dan beberapa mobil yang dijual saat ini sudah dilengkapi dengan bracket. Jika belum tersedia, bracket ini dapat dibeli dengan mudah di pasaran dengan berbagai harga.

 

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang