Aman Mengemudi di Jalur Menanjak Saat Mudik

 

Bagi para pengemudi beginner yang baru memulai pengalaman mengemudi mobil secara mandiri, jalur tanjakan sering menjadi sumber kekhawatiran yang besar.

BACA JUGA: Cegah Mesin Mobil Overheat Saat Terjebak Macet Arus Mudik Dengan Cara Ini

Keadaan ini kerap terjadi karena mengemudi di jalur tanjakan memerlukan ketenangan dan pengalaman lebih dibandingkan dengan kemudi di jalur datar yang umumnya lebih mudah. Pengemudi hanya perlu memperhatikan ritme penginjakan pedal gas dan melakukan pengereman dengan hati-hati bersamaan dengan penggunaan kopling saat berkemudi di jalur datar.

 

Namun, di jalur tanjakan, situasinya berbeda. Pengendalian yang tepat terhadap kopling, rem, dan pedal gas menjadi sangat penting.

 

Khusus menjelang perayaan Lebaran, banyak pengemudi yang melakukan perjalanan pulang kampung dan harus melewati jalur tanjakan untuk mencapai tujuan mereka.

 

Terutama apabila terjadi macet pada jalan tanjakan, diperlukan pengendalian ekstra karena adanya risiko yang berbahaya. Tragedi yang sering terjadi pada pengemudi pemula adalah menabrak kendaraan di depannya akibat kurangnya kewaspadaan dan kecemasan. Tidak jarang pula mereka tergelincir mundur (mundur) yang berisiko meningkatkan potensi kecelakaan.

 

Berikut adalah beberapa cara aman bagi pengemudi pemula yang akan melewati jalur tanjakan saat pulang kampung pada perayaan Lebaran.

 

  1. Perhatikan Kemiringan Tanjakan

Pertama,  Anda harus memperhatikan kemiringan jalanan yang akan Anda lalui. Jika jalur tanjakan tidak terlalu curam, Anda dapat mengendarai mobil dengan gigi persneling 2 atau 3. Namun, jika kemiringan jalur tanjakan terlalu curam, pastikan gigi persneling berada pada posisi 1.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

  1. Teknik Pengereman Ketika Terjebak Pada Jalur Tanjakan

Menginjam rem ketika ada macet pada jalan tanjakan memerlukan keahlian khusus serta tingkat pengendalian yang tinggi. Terdapat 3 cara melakukan pengereman saat berada di tanjakan: menggunakan rem tangan untuk berhenti saat kemacetan berlangsung dalam waktu lama, menggunakan rem kaki ketika berhenti sebentar dengan kemiringan jalur tanjakan yang tidak terlalu tinggi, dan menggunakan setengah kopling ketika Anda perlu berhenti dalam waktu singkat dengan kemiringan jalur tanjakan yang tidak terlalu tinggi.

 

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang