5 Solusi Mobil Tidak Bisa Hidup Sama Sekali

Apakah mobil tiba-tiba tidak dapat dinyalakan sama sekali? Meskipun sudah mencoba menghidupkannya berkali-kali, tetapi tetap tidak ada respon? Jangan panik terlebih dahulu. Ambil napas dalam-dalam dan cari tahu penyebabnya agar Anda dapat menemukan solusi yang tepat. Artikel ini akan membahas bagaimana cara mengidentifikasi penyebab dan memberikan solusi mobil tidak dapat dinyalakan sama sekali. Mari simak pembahasan berikut.

BACA JUGA: Mengatasi Rem yang Harus Dikocok

Penyebab Mobil Tidak Bisa Hidup Sama Sekali

 

Sebelum membahas solusi untuk mengatasi masalah mobil yang tidak dapat dinyalakan, kita perlu memahami kemungkinan penyebabnya. Beberapa faktor umum yang sering menjadi penyebab mobil tidak dapat hidup antara lain:

 

  1. Aki Melemah
  2. Gangguan pada Dinamo Starter
  3. Kerusakan pada Busi, Khususnya pada Kabel Busi atau Ignition Coil
  4. Gangguan pada Kompresi Silinder atau Choke
  5. Sumbatan pada Injektor

 

Jika Anda menemukan salah satu dari penyebab di atas pada mobil yang tidak dapat dinyalakan, berikut adalah solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

 

Solusi Mobil Tidak Bisa Hidup Sama Sekali

 

Untuk mengatasi situasi di mana mobil tidak dapat dihidupkan, Anda dapat melakukan beberapa langkah darurat sebagai berikut:

 

  1. Cek Kondisi Aki

   – Langkah pertama adalah memeriksa kondisi aki. Masalah mobil yang tidak dapat dinyalakan seringkali berasal dari aki. Aki merupakan komponen penting dalam sistem kelistrikan mobil. Perhatikan tingkat air di dalam aki; tingkat air yang rendah dapat membuat mobil sulit untuk dinyalakan. Isilah air aki dengan segera.

 

  1. Periksa Fuel Pump

   – Jika tidak ada masalah dengan aki, selanjutnya periksa kondisi fuel pump. Anda dapat melihat indikator di Multi Information Display (MID) atau panel informasi lainnya di dasbor mobil. Jika lampu indikator “check engine” dekat speedometer menyala, kemungkinan ada gangguan pada sistem injeksi bahan bakar. Cek apakah injektor bahan bakar tersumbat oleh kotoran atau debu. Bersihkan fuel pump atau minta bantuan teknisi untuk kalibrasi ulang agar performa fuel pump normal kembali.

 

  1. Membersihkan Karburator

   – Selain fuel pump, karburator juga dapat tersumbat oleh kotoran yang dapat menghambat aliran udara dan bahan bakar ke fuel pump. Pastikan karburator tetap bersih agar aliran udara dan bahan bakar dapat berjalan lancar.

 

  1. Cek Sekring

   – Jika langkah-langkah sebelumnya belum membuahkan hasil, periksa sekring. Sekring terhubung dengan sistem kelistrikan mobil, dan gangguan pada sekring dapat membuat mobil sulit dinyalakan. Periksa kondisi kutub positif dan negatif sekring, dan pastikan tidak ada kabel yang putus.

 

  1. Periksa Dinamo Starter

   – Terakhir, lakukan pengecekan pada komponen dinamo starter. Dinamo starter berperan dalam menggerakkan flywheel atau roda gila pada mesin mobil. Jika dinamo starter mengalami masalah, flywheel tidak akan bergerak, membuat mobil sulit untuk dinyalakan.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

 

Jika mobil tidak dapat dinyalakan sama sekali, hindari panik. Ikuti langkah-langkah di atas untuk mengetahui penyebabnya dan temukan solusi yang paling sesuai.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

LEAVE REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *