5 Penyebab Bearing Roda Mobil Cepat Rusak

Penyebab kerusakan bearing roda mobil seringkali disebabkan oleh penggunaan mobil di medan offroad yang berlebihan. Bearing roda memiliki fungsi vital dalam pergerakan ban, dan beberapa faktor dapat menyebabkan kerusakan bearing roda dengan cepat. Berikut ini adalah beberapa penyebab dan informasi lebih lanjut yang dapat dipelajari oleh Arumsari.

BACA JUGA: Kap Mesin Mobil Bergetar? Ini 13 Penyebabnya!

 

Jalanan Rusak

Setiap mobil memiliki kemampuan yang berbeda dalam mengatasi jalanan rusak, tergantung pada desain, komponen kaki-kaki, bentuk ban, dan jenis ban yang digunakan. Jika mobil sering melewati jalanan rusak tanpa mampu mengatasi kondisi tersebut, bearing roda mobil dapat mengalami masalah dan akhirnya cepat rusak.

 

Air

Air dapat menjadi penyebab kerusakan bearing roda mobil dengan cepat. Masuknya air ke dalam bearing roda bukanlah hal yang baik karena sistem kerja bearing memerlukan pelumas agar dapat berfungsi dengan optimal. Campuran air dengan pelumas dapat mengurangi kemampuan pelumasan dan meningkatkan gesekan di dalam bearing, menyebabkan keausan yang cepat dan potensi kerusakan.

 

Gemuk

 

Gemuk atau grease digunakan sebagai media pelumas untuk meningkatkan kinerja bearing. Penggunaan gemuk dengan kualitas rendah dapat memiliki dampak buruk pada bearing. Panas yang dihasilkan oleh gesekan normal dalam bearing tidak menjadi masalah jika kualitas gemuk cukup baik. Namun, kombinasi panas yang berlebihan dengan gemuk berkualitas rendah dapat menyebabkan pengeringan dan penyusutan volume gemuk, mengakibatkan pelumasan yang tidak efektif dan kerusakan bearing.

 

Penggunaan Ban Ukuran Besar

 

Penggunaan ban berukuran besar sering dikaitkan dengan mobil off-road. Meskipun memberikan tampilan yang gagah, ukuran ban yang lebih besar juga dapat meningkatkan beban yang ditanggung oleh bearing roda. Beban yang lebih besar ini dapat menyebabkan keausan dan kerusakan pada bearing, terutama jika digunakan dalam aktivitas off-road yang intens.

 

Suspensi

Desain bearing roda mempertimbangkan kemampuannya dalam menanggung beban pada sudut tertentu. Namun, kerusakan pada bagian suspensi dapat mengubah distribusi beban dan sudut, menyebabkan ketidaksesuaian dengan desain awal bearing. Kerusakan suspensi juga dapat mengakibatkan spooring roda, menyebabkan keausan ban yang tidak merata dan menimbulkan vibrasi yang dapat merusak bearing.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

 

Dengan mengetahui penyebab kerusakan bearing roda mobil yang cepat, Arumsari dapat mengantisipasi potensi masalah dan melakukan perawatan berkala untuk menjaga kesehatan bearing roda.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang