Pentingnya Sistem Suspensi pada mobil

Pentingnya Sistem Suspensi pada mobil

Suspensi merupakan rangkaian komponen khusus yang berfungsi meredam kejutan dan getaran yang muncul pada kendaraan akibat ketidakrataan permukaan jalan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kenyamanan berkendara dan mengoptimalkan kendali kendaraan. Fungsi suspensi ini terletak di antara bodi atau kerangka kendaraan dengan roda.

BACA JUGA : Di Mana Letak Minyak Rem Mobil? Cek di Sini

Bagian chassis pada mobil mencakup suspensi yang menyangga poros, sistem kemudi yang mengatur arah kendaraan, roda, ban, dan rem untuk mengendalikan pergerakan kendaraan. Sistem keseluruhan ini berdampak secara langsung pada pengalaman berkendara, stabilitas, dan berbagai faktor lainnya.

Fungsi suspensi mobil melibatkan sistem yang ditempatkan di antara bodi kendaraan dan ban-ban. Sistem ini secara khusus diciptakan untuk meredam goncangan dari permukaan jalan, memberikan tambahan kenyamanan dan stabilitas selama perjalanan, dan meningkatkan daya cengkram roda terhadap jalan. Komponen utama suspensi meliputi pegas, shock absorber, stabilizer, dan lainnya. Umumnya, suspensi dapat dikategorikan sebagai tipe rigid (suspensi dengan sumbu roda yang kaku) atau tipe independen (suspensi yang memungkinkan pergerakan bebas pada roda individual). Fungsi utama suspensi mencakup:

 

  1. Menyerap getaran dan kejutan dari permukaan jalan, memberikan kenyamanan kepada penumpang.

  1. Memindahkan gaya pengereman dan gerak ke bodi kendaraan melalui gesekan antara roda dan permukaan jalan.

  1. Menopang bodi pada poros dan mempertahankan geometri yang benar antara bodi dan roda-roda.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Jika terjadi masalah pada sistem suspensi, dapat berdampak pada kenyamanan berkendara dan bahkan meningkatkan risiko kecelakaan. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan pemeriksaan sistem suspensi secara berkala saat kendaraan menjalani layanan rutin di Auto Family. Perawatan berkala setiap 6 bulan atau 10.000 km juga sangat penting untuk menjaga kendaraan dalam kondisi optimal.

Alamat: Jl. Raya Panyileukan No.9, Cipadung Kidul, Kec. Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

LEAVE REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *