Diharuskan Ganti Ban Mobil Sendiri Saat Situasi Terdesak Simak Langkah Ini

Diharuskan Ganti Ban Mobil Sendiri Saat Situasi Terdesak Simak Langkah Ini

Seringkali Anda menemukan diri Anda terperangkap di pinggir jalan dengan ban kempis? Apakah Anda berharap bisa mengganti ban sendiri tanpa perlu bergantung pada bantuan orang lain? Untungnya, melakukan penggantian ban sebenarnya tidak sulit, selama Anda mau berusaha.

 

Temukanlah tempat yang datar untuk melakukan penggantian ban. Anda memerlukan area yang padat dan datar agar mobil tidak bergeser. Jika berada dekat dengan jalan, pastikan untuk memarkir sejauh mungkin dari alur lalu lintas, dan hidupkan lampu hazard. Hindari tempat yang lembek atau berbukit. Gunakan dongkrak hingga menyentuh (tanpa mengangkat) mobil. Pastikan dongkrak ditempatkan secara mantap di bawah mobil, dan pastikan posisinya tegak lurus terhadap tanah. Lepaskan tutup roda dan kendorkan baut dengan memutar ke arah berlawanan jarum jam. Ingatlah hanya kendorkan sedikit, jangan lepaskan. Jika Anda berencana untuk melepas baut setelah roda terangkat, pastikan untuk hanya memutar roda.

BACA JUGA : Di Mana Letak Minyak Rem Mobil? Cek di Sini

Naikkan dongkrak hingga menyentuh (tanpa mengangkat) mobil. Pastikan dongkrak ditempatkan dengan mantap di bawah mobil, dan pastikan posisinya tegak lurus terhadap tanah. Lepaskan tutup roda dan kendorkan baut dengan memutar ke arah berlawanan jarum jam. Ingatlah hanya kendorkan sedikit, jangan lepaskan. Jika Anda berencana untuk melepas baut setelah roda terangkat, pastikan untuk hanya memutar roda.

 

Pompa dan angkat dongkrak untuk mengangkat roda dari tanah. Pastikan untuk mengangkatnya cukup tinggi sehingga Anda dapat dengan mudah melepas roda dan memasang yang baru.

 

Lepaskan semua baut roda. Putar ke arah berlawanan jarum jam sampai terlepas. Ulangi langkah ini untuk semua baut, lalu lepaskan roda. Tempatkan ban yang kempis di bawah mobil sebagai langkah pengaman jika dongkrak tiba-tiba rusak dan mobil terjatuh, ini akan melindungi Anda dari cedera. Jika dongkrak dalam posisi tegak, seharusnya tidak akan ada masalah.

 

Tempatkan ban cadangan pada posisinya. Berhati-hatilah saat memasukkan lubang pada baut roda. Setelah terpasang dengan benar, pasang kembali baut roda. Kencangkan dengan tangan, ini seharusnya cukup mudah dilakukan.

 

Turunkan mobil tanpa memberikan beban penuh pada roda. Kencangkan kembali baut roda. Turunkan mobil sepenuhnya dan angkat dongkrak. Kencangkan kembali baut dan pasang tutup roda pada tempatnya. Letakkan ban kempis di bagasi dan bawa ke bengkel. Mintalah estimasi biaya perbaikan. Jika ban tidak dapat diperbaiki, segera ganti.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Alangkah baiknya jika Anda sudah mengerti prosedur ini sebelum benar-benar mengalami ban kempis, sehingga Anda tidak perlu belajar di pinggir jalan, terutama dalam kondisi gelap atau hujan. Dengan demikian, Anda dapat segera mengambil tindakan saat menghadapi situasi darurat penggantian ban.

Alamat: Jl. Raya Panyileukan No.9, Cipadung Kidul, Kec. Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

 

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

 

LEAVE REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *