Mengecek Radiator Wajib Hukumnya!

Mengecek Radiator Wajib Hukumnya! –  Bisa dikatakan memang sangat sepele,tetapi justru malah harus diperhatikan. Apabila mengalami kerusakan akan berakibat buruk pada rusaknya radiator mobil yaitu overheating,yang akan berefek pada mesin mobil yang akan terdengar aneh,boros bahan bakar , kurang bertenaga,dan bahkan bisa sampai mogok di jalan.

Katup radiator mobil ini ada 2 yaitu katup vakum dan katup tekan.  Kedua katup ini secara bergantian menghisap dan mengeluarkan yang menjadikan air berputar dari tangki reservoir ke radiator.Tetapi kedua katup pada tutup radiator ini yang kemungkinan besar akan mengalami kerusakan bila tutup radiator sering dibuka.Sebab kerusakan itu akan menjadikan siklus air tidak bagus.

Berikut ini metode membuka tutup radiator mobil ketika mesin panas atau mengalami overheat bisa juga ketika mesin dingin tetapi perlu menggunakan kain tebal dan juga lebar untuk menghindari air panas menyembur dari radiator mobil yaitu sebagai berikut:

  1. Menaruh kain lap basah yang lebar dan tebal di atas tutup radiator
  2. Memastikan tangan dalam keadaan aman dan mudah untuk memutar tutup radiator dan menahan bila tekanan air radiator mulai keluar
  3. Putarlah pada tutup radiator yang berlawanan dengan arah jarum jam atau putar kurang dari 45 derajat.
  4. Dengarkan suara mendesis ini dari tutup radiator,bila terdengar suara mendesis, maka pastikan untuk tahan dengan kuat pada posisi tersebut sampai suara mendesis ini pun menghilang.
  5. Bila suara mendesis ini sudah hilang, maka putar lagi pada bagian tutup radiator dengan pelan-pelan sampai dengan mudah tutup radiator terlepas.

Jangan menambahkan air radiator mobil bila mesin masih panas yang diakibatkan habis air radiator ,uap panas pun menyembur keluar ketika air dingin dimasukan dalam radiator yang keadaan mesin overheat.Jadi hanya menepikan dan matikan saja mesin untuk pendinginannya.

BACA JUGA : SUSPENSI REKONDISI TAHAN BERAPA LAMA??

Jangan sembarangan untuk mengganti tutup radiator mobil
Penutup radiator mobil yaitu elemen pendukung estetika ruang mesin.Peran dalam penutup radiator mobil sangat penting dalam proses pendinginan mesin.Yang gunannya untuk akses keluar cairan ketika tekanan pada rangkaian mobil yang terlalu tinggi sebab mesin panas.Perangkat buka-tutup akses ini pada penipu radiator yang diatur oleh komponen yang desainnya berbeda setiap merek mobil.

Perangkat pada radiator yang berisi cairan yang bekerja dalam ruang vakum,yang tekanannya dapat diatur oleh masing-masing ukuran dan pabrikannya berbeda-beda.Jika diperhatikan penutup radiator terdapat angka ukuran tekanan bar 0,9,1,1 atau 1,2.

Nah itulah sedikit informasi mengenai mengecek radiator ini semoga bermanfaat dan jangan lupa di share:)

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang