Langkah Yang Harus Dilakukan Bila Ban Pecah

Bengkel kaki mobil arumsari Bandung – Pecahnya ban akan membuat keresahan semua orang dan sumber kecelakaan di jalan.Apabila anda salah dalam merespond ,mobil anda akan hilang kendali dan berujung pada kecelakaan yang fatal.

Ada beberapa tips supaya terhindar dari kecelakaan fatal bila ban pecah dijalanan yaitu sebagai berikut:

Bengkel Kaki Mobil Bandung Terbaik

1. Bersikap Tenang
Ketika mengalami ban pecah maka langkah yang pertama yaitu jangan panik sebab jika panik akann membuat hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan malah akan dilakukan, maka segera hidupkan lampu hazard supaya pandangan tetap terfokuskan ke depan dan mengurangi kecepatan secara perlahan.

2. Counter Steering
Bila ban pecah sebelah kanan maka arahkan setir ke kiri bila yang pecah sebelah kiri maka lepas gas tetapi jangan melakukan pengereman dan arahkan setir ke kanan.Jangan melakukan tindakan pengereman mendadak bila melakukan counter steering.

3. Jaga Kecepatan dengan melakukan pengereman Secara Perlahan
Hal seperti ini usahakan mempertahankan laju kendaraan dan mengurangi kecepatan pada kendaraan dengan melepaskan pedal gas secara tiba-tiba.Sesudah kecepatan berkurang maka lakukan engine brake untuk menahan laju kendaraan.Untuk yang menggunakan mobil matic,memindahkan dengan posisi tuas transmisi dari D ke D3 atau 2 dan bila menggunakan mobil manual bisa untuk menurunkan gigi secara pelan-pelan.

4. Seimbangkan Perlahan
Ban mobil yang mengalami pecah dan ketika melaju dengan kecepatan tinggi sangat mudah tergelincir dan terbalik. Maka untuk menjaga keseimbangan kendaraan ini dibutuhkan pengalaman mengemudi yang handal.

Mengurangi gas secara perlahan dan juga bertahap akan menyeimbangkan kendaraan.Dan arahkan mobil ke bahu jalan biarkan mobil untuk berhenti sebab kehabisan momentum.

Nah itulah sedikit informasi mengenai ban pecah semoga bermanfaat dan jangan lupa dishare ya ­čÖé

 

 

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang