7 Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil Bekas atau Mobil Baru Toyota

7 Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil Bekas atau Mobil Baru Toyota

Apakah saat ini Anda sedang mempertimbangkan untuk membeli mobil? Salah satu hal yang sering menjadi dilema adalah memilih antara membeli mobil baru atau membeli mobil bekas. Tidak dapat dipungkiri bahwa memiliki mobil baru memiliki daya tarik sendiri. Dengan teknologi dan fitur-fitur terbaru yang semakin berkembang, rasa ingin segera memiliki mobil baru mungkin tidak bisa dihindarkan.

 

Namun, semakin banyak fitur yang ditawarkan oleh sebuah mobil, harga mobil tersebut tentu juga semakin tinggi. Jika Anda termasuk dalam kelompok yang memiliki anggaran terbatas, harga bisa menjadi faktor yang penting dalam keputusan pembelian. Jadi, sebelum Anda memutuskan apakah akan memilih mobil bekas atau baru, pertimbangkanlah tujuh hal berikut ini.

BACA JUGA : Di Mana Letak Minyak Rem Mobil? Cek di Sini

Kualitas dan Fitur

Apakah Anda tahu bahwa dengan anggaran yang sama, Anda bisa mendapatkan mobil bekas dengan kualitas yang lebih baik dan fitur yang lebih lengkap daripada mobil baru?

Contohnya, jika Anda memiliki anggaran sekitar 150 juta rupiah, jika memilih mobil baru, Anda mungkin hanya akan mendapatkan Toyota Calya tipe LCGC. Namun, jika Anda memilih mobil bekas, Anda bisa mendapatkan Toyota Veloz tipe tertinggi keluaran tahun 2015. Dari segi kualitas dan fitur, Veloz bekas tentu lebih unggul daripada Calya baru. Selain itu, mobil bekas sering kali sudah memiliki tambahan fasilitas dari pemilik sebelumnya seperti velg atau jok yang telah diganti. Anda bisa langsung menikmatinya.

 

Harga Beli dan Nilai Jual Kembali

Satu alasan umum mengapa banyak orang memilih mobil bekas adalah karena harganya yang lebih terjangkau daripada mobil baru. Mobil baru memiliki potensi penurunan harga yang cukup drastis, bisa mencapai 20% atau lebih dalam satu tahun pertama. Nilai mobil akan terus menurun setiap tahunnya, meskipun tidak secepat pada tahun pertama. Ini artinya, pemilik pertama akan mengalami penurunan nilai yang besar. Jika Anda ingin menghindari kerugian ini, membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan yang lebih aman.

 

Kredit dan Pembayaran Bulanan yang Lebih Ringan

Secara finansial, membeli mobil bekas dengan kredit dapat lebih menguntungkan. Uang muka yang dibutuhkan cenderung lebih rendah daripada mobil baru. Tingkat bunga kredit mobil bekas juga biasanya lebih rendah dibandingkan dengan mobil baru.

 

Ketepatan Waktu Kendaraan

Apabila Anda menginginkan proses pembelian yang cepat dan ingin membawa kendaraan pulang dengan segera setelah transaksi, opsi mobil bekas bisa lebih sesuai. Pembelian mobil baru bisa memakan waktu yang lebih lama, terutama jika mobil yang Anda inginkan memiliki permintaan tinggi dan harus dipesan terlebih dahulu. Dokumen resmi seperti STNK dan BPKB juga memerlukan waktu sekitar 2-3 bulan setelah mobil baru siap. Berbeda dengan mobil bekas, setelah harga disepakati dan pembayaran dilakukan, Anda bisa langsung membawa mobil pulang.

 

Asuransi

Ketika mengasuransikan mobil, mobil baru biasanya memiliki keuntungan lebih. Asuransi cenderung menyediakan asuransi All Risk untuk mobil baru. Sedangkan untuk mobil bekas, biasanya hanya menyediakan total loss only, yang artinya hanya akan memberikan ganti rugi jika kerusakan mencapai 75% atau mobil hilang. Premi asuransi mobil baru juga bisa lebih murah daripada mobil bekas.

 

Biaya Perawatan

Keuntungan dari mobil baru adalah Anda akan mendapatkan layanan purna jual seperti servis gratis dan ganti oli gratis. Layanan ini biasanya berlangsung selama 6 bulan hingga 1 tahun. Ini berarti Anda tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan setiap bulan. Namun, mobil bekas biasanya tidak mendapatkan privilge ini.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

 

Kunjungi Bengkel Spesialis Kaki Mobil Arum Sari Bandung.

 

Alamat: Jl. Raya Panyileukan No.9, Cipadung Kidul, Kec. Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang