Lampu Rem Nyala Terus, Periksa Switch Rem

Gangguan pada lampu rem kendaraan bukanlah hal yang diinginkan oleh para pengguna jalan. Ketidaknormalan pada rem dapat menimbulkan potensi kecelakaan di jalan raya. Salah satu masalah yang sering terjadi pada lampu rem adalah ketidakfungsian switch, yang dapat menyebabkan lampu terus menyala. Selain dari bola lampu yang putus, switch rem yang tidak berfungsi adalah masalah umum yang dapat terjadi pada rem.

BACA JUGA: Ketahui Alasan Kampas Rem Mobil Matik Lebih Cepat Habis

Menangani kasus rem yang tidak bisa dimatikan seharusnya tidaklah rumit. Jika Anda mengalami masalah ini, segera periksa switch (saklar) rem yang terdapat pada rangkaian sistem, biasanya terletak di atas tuas pedal rem. Switch rem berperan dalam memutus dan menyambungkan arus listrik dari baterai/aki ke lampu rem. Saat pedal rem diinjak, switch rem akan menyambungkan arus listrik, dan saat pedal rem dilepas, switch akan memutus arus listrik.

 

Dua kemungkinan umum yang dapat menyebabkan switch rem tidak berfungsi dengan baik adalah adanya short circuit di dalam switch rem atau masalah pada kabel-kabel dan rangkaian sistem rem yang terkelupas dan menyentuh massa.

 

Masalah Akibat Short Circuit

Penyebab pertama umumnya terjadi karena usia switch rem yang sudah tua. Short circuit muncul karena komponen dalam switch rem mengalami keausan sehingga per dalamnya tidak lagi fleksibel. Pada kasus rem yang tidak bisa dimatikan, spring selalu menjaga agar arus listrik positif dan negatif terhubung. Satu-satunya solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti switch rem yang baru.

 

Masalah Pada Dudukan Switch Rem

Sebelum memutuskan untuk mengganti switch rem, ada baiknya memeriksa kemungkinan penyebab kedua. Untuk menangani kemungkinan ini, cukup atur ulang posisi switch rem dengan langkah-langkah berikut:

 

  1. Kendorkan baut switch rem.
  2. Putar switch rem ke arah luar agar mendekati pedal rem.
  3. Lakukan uji sistem rem dengan menginjak dan melepas pedal rem.
  4. Jika lampu rem berfungsi normal, kencangkan baut switch rem kembali.Bengkel Kaki Mobil Kuningan

 

Jika permasalahan semakin parah, sebaiknya bawa mobil Anda ke bengkel resmi terpercaya untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Menghadirkan mobil ke bengkel dapat memastikan bahwa masalah rem diselesaikan oleh para profesional yang berpengalaman.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

 

 

LEAVE REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *