Lakukan 5 Jurus Perawatan Mobil Ini Supaya Mesin Mobil Anda Tidak Mudah Mogok dan Bikin Repot

Tips Perawatan Mobil: Agar Mesin Mobil Tidak Mudah Macet dan Bikin Repot

 

Mobil adalah salah satu alat transportasi yang paling penting dalam kehidupan modern. Untuk memastikan bahwa mobil Anda selalu berfungsi dengan baik, Anda perlu melakukan perawatan rutin secara berkala. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips tentang lima jurus perawatan mobil agar mesin mobil Anda tidak mudah mogok dan bikin repot.

BACA JUGA:
Jangan Sampai Lupa, Periksa Kembali Bagian Dari Mobil Anda Ini Setelah Libur Akhir Tahun

  1. Periksa Aki Mobil

Aki mobil adalah salah satu komponen penting yang memastikan mobil Anda dapat dinyalakan dengan lancar. Jika aki mobil bermasalah, mobil Anda bisa saja mogok dan membuat Anda kesal. Untuk menghindari hal ini, Anda perlu memeriksa kondisi aki mobil secara berkala. Pastikan ukuran tingkatan air aki mobil Anda selalu dalam kondisi normal. Jika kurang, tambahkan air sesuai takaran. Jika Anda memiliki aki bebas perawatan alias aki kering, periksa sisa usia pakainya, bersihkan kepala aki bila ada kotoran atau sisa kerak, terutama untuk aki basah.

 

  1. Ganti Oli Mesin

Oli mesin memainkan peran penting dalam menjaga kinerja mesin mobil Anda. Jika Anda tidak mengganti oli mesin secara berkala, risiko kerusakan mesin dapat meningkat. Oli mesin akan berubah seiring waktu dan penggunaan mobil, terutama jika sering terkena macet. Oleh karena itu, pastikan Anda mengganti oli mesin sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil Anda agar mesin mobil Anda selalu dalam kondisi prima.

 

  1. Periksa Radiator

Radiator pada mesin mobil berfungsi untuk menjaga suhu mesin tetap stabil dan dingin. Jangan anggap remeh radiator ini karena tugasnya sangat vital dalam menjaga kinerja mesin. Pastikan Anda melakukan perawatan radiator secara rutin, termasuk memeriksa kebocoran, menguras dan mengganti air radiator, dan memastikan kipas pendingin radiator bekerja dengan baik. Jangan gunakan air keran saat mengganti atau menguras air radiator, gunakan radiator coolant atau minimal air galon yang lebih steril dari kotoran.

 

  1. Periksa Timing Belt

Timing belt adalah sabuk yang mengatur putaran camshaft dan crankshaft agar selaras dan optimal. Jika komponen ini rusak, mesin mobil Anda bisa saja mogok atau bahkan rusak parah. Periksa timing belt secara berkala dan pastikan kondisinya masih baik. Jika terdapat suara-suara kasar ketika mesin sudah mulai menyala, segera periksa dan ganti jika perlu.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

 

  1. Cairan Pendukung

Ada juga cairan yang Anda harus cek secara rutin. Cairan-carian tersebut merupakan minyak rem, minyak kopling untuk mobil manual, minyak power steering, dan oli transmisi. Pastikan semua cairan tersebut selalu dalam kondisi yang baik dan sesuai dengan aturan penggantian yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Be

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang