Kebiasaan Mengemudi yang Membuat Kampas Rem Mobil Matic Cepat Menipis

Mengendarai mobil dengan transmisi otomatis memberikan kenyamanan ekstra karena tidak perlu terus-menerus menginjak pedal kopling. Meski demikian, di balik kenyamanan tersebut, mobil otomatis ternyata lebih boros dalam menggunakan kampas rem jika dibandingkan dengan mobil manual.

BACA JUGA : Di Mana Letak Minyak Rem Mobil? Cek di Sini

Fenomena ini sangat wajar mengingat bahwa rem merupakan satu-satunya komponen berperan sebagai sistem pengereman kendaraan. Di sisi lain, mobil dengan transmisi manual dapat memperlambat kendaraan dengan bantuan engine brake. Kendaraan otomatis sebenarnya masih bisa menggunakan engine brake, tetapi dayanya tidak sekuat pada mobil manual.

 

Tidak hanya itu, dalam penggunaan sehari-hari, pengemudi mobil otomatis cenderung lebih bergantung pada rem. Keadaan ini menyebabkan kampas rem pada mobil dengan transmisi otomatis  lebih cepat mengalami keausan dibandingkan dengan mobil manual. Sebagai contoh, jika kampas rem mobil perlu melakukan penggantian pada mobil bertransmisi manual setiap 60 ribu kilometer, pada mobil otomatis harus diganti setengahnya, yaitu sekitar 30 ribu hingga 40 ribu kilometer.

 

Selain faktor ketergantungan pada rem, terdapat penyebab lain yang membuat kampas rem lebih cepat aus, yaitu kebiasaan mengemudi. Misalnya, seringkali menekan pedal rem daripada menggunakan tuas rem tangan saat berhenti. Kondisi ini diperparah dengan tuas yang tetap dalam posisi D. “Pada posisi D, rem seolah diminta untuk menahan laju kendaraan,” ungkapnya.

 

Hampir serupa dengan kebiasaan sebelumnya, kebiasaan lain yang mempercepat keausan kampas rem mobil otomatis adalah jarang menggeser tuas ke posisi netral saat berhenti di lampu merah. Praktik ini membuat rem bekerja lebih keras.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Sementara di mobil manual, pengemudi umumnya sudah memindahkan gigi ke posisi netral saat melambat mendekati lampu merah. Praktik ini, sebenarnya, dapat diadopsi juga pada mobil otomatis agar kendaraan melambat secara perlahan hingga berhenti.

Alamat: Jl. Raya Panyileukan No.9, Cipadung Kidul, Kec. Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

 

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

LEAVE REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *