Jangan Salah Mendongkrak Mobil Simak Caranya

Cara Aman Mendongkrak Mobil: Petunjuk Penting untuk Pemilik Kendaraan

Dalam beberapa kesempatan, pemilik mobil sering kali perlu melakukan proses mendongkrak mobil, entah itu digunakan buat mengganti ban atau sekedar memeriksa kolong dan kaki-kaki mobil. Namun, bagi pemilik mobil yang baru, mungkin ada kebingungan mengenai posisi tumpuan dongkrak yang ideal.

Memasang dongkrak mobil dengan cara yang salah dapat menimbulkan bahaya, seperti membuat mobil ambruk atau ambles. Meskipun mendongkrak mobil sebenarnya merupakan pekerjaan yang mudah bagi sebagian pemilik mobil, namun banyak dari mereka jarang melakukannya.

Meskipun proses mendongkrak mobil sebenarnya tidaklah sulit, namun jika dilakukan dengan cara yang salah, bisa menimbulkan risiko keselamatan. Namun, jangan khawatir, pabrikan mobil biasanya merangkai supaya progress mendongkrak mobil dapat dilakukan segampang mungkin.

Apabila terpaksa harus mendongkrak mobil, lakukanlah dengan tenang dan santai. Hindari terburu-buru atau bahkan panik, karena hal tersebut hanya akan memperburuk situasi. Biasanya, pabrikan mobil telah menyediakan dongkrak mobil yang disimpan di tempat yang mudah dijangkau.

BACA JUGA : Penyebab Rem Mobil Bunyi dan Cara Mencegahnya

Lokasi penyimpanan dongkrak pun beragam, contohnya pada bagian bawah kursi penumpang bagian depan untuk MPV/ pada sisi lain lantai bagasi yang jadi satu dengan ban cadangan di mobil sedan atau city car. Namun, seringkali, karena penempatanya yang tidak gampang dicari, pemilik atau pengendara menjadi kesulitan menemukannya.

Secara garis besar, dongkrak terbagi menjadi dua jenis, yaitu mekanis dan hidraulis. Dongkrak mekanis, atau kerap dikenal dengan dongkrak gunting, memakai mekanisme drat/ baut untuk meninggikan spot penopang.

Dongkrak gunting memerlukan lebih banyak tenaga untuk mengoperasikannya. Keuntungan dari dongkrak mobil mekanis adalah bentuknya yang ringkas saat dilipat, dan bobotnya yang relatif ringan.

Selanjutnya, ada dongkrak hidraulis yang bekerja berdasarkan prinsip fluida untuk memberikan tekanan. Dongkrak hidraulis dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu dongkrak botol dan dongkrak buaya.

Dongkrak buaya memiliki performa keseluruhan yang lebih baik. Namun, bobotnya yang berat dan ukurannya yang besar mengakibatkan tidak praktis untuk diletakan di bagasi.

Namun, bagi sebagian orang, masalah yang masih membingungkan saat membutuhkan mendongkrak mobil adalah banyak kasus di mana mobil didongkrak secara sembarangan, yang akhirnya menyebabkan kerusakan pada bagian bodi atau sasis karena tidak mampu menahan beban mobil.

Mendongkrak mobil sebenarnya bisa dibiliang pekerjaan yang lumayan tidak aman apabila tidak dilakukan dengan hati-hati. Hal ini berkaitan dengan bobot kendaraan yang bisa lebih dari satu ton.

Dongkrak hanya digunakan untuk menaikkan mobil saja, jadi hindari menahan beban terlalu lama dengan dongkrak mobil. Jika perbaikan memerlukan waktu lama, sebaiknya gunakan Jack Stand sebagai penopang pengganti dongkrak.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Setiap mobil memiliki spot tertentu yang paling kuat untuk mendongkrak. Titik tumpuan dongkrak di mobil biasanya terdapat di daerah yang tidak terlalu dalam dari pinggir.

Anda dapat melihat posisi titik tumpuan dongkrak mobil di buku manual. Pada mobil sedan, ada empat titik tumpuan. Di bagian depan, titik tumpuan berada di sasis tepat di belakang roda. Sementara di bagian belakang, titik tumpuan berada di sasis depan roda belakang.

Untuk kendaraanl konvensional, khususnya yang memakai sasis tangga, dongkrak dapat ditempatkan di lower arm atau tulang sasis. Dongkrak mobil bawaan mobil biasanya memiliki tonjolan berbentuk persegi atau cekungan yang sesuai dengan titik tumpuan.

Jika Anda merasa ragu untuk melakukannya sendiri, mintalah bantuan dari seseorang yang lebih berpengalaman atau konsultasikan masalah mobil Anda kepada Dealer Resmi terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Ingatlah untuk selalu mendongkrak mobil dengan benar dan aman untuk menjaga keberlangsungan mobil Anda.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang