Cara Redam Rem Berdecit Agar Tetap Nyaman Berkendara

Mengatasi Bunyi Aneh pada Rem Mobil: Tips Sederhana untuk Perawatan Anda

Bunyi aneh yang masuk ke kabin mobil tidak hanya membuat pengendara merasa tidak nyaman. Jika dibiarkan terlalu lama, bunyi tersebut dapat mengganggu fungsi rem secara optimal.

Biasanya, rem berdecit disebabkan oleh adanya kerak noda contohnya adalah debu, sisa sisa oli, atau gemuk yang terdapat pada cakram ataupun tromol. Hal ini sering terjadi karena banyak pemilik mobil yang enggan melakukan perawatan, meskipun mereka sudah mengetahui bahwa kondisi rem tidak dalam keadaan yang prima.

Efek mendecit pada rem tidak hanya bikin kampas dan cakram cepat habis, melainkan juga bisa menyebabkan benda di sekitar rem cakram menjadi melenting akibat suhu panas yang berlebihan akibat gesekan antar komponen.

Untungnya, mengatasi atau menghilangkan bunyi decit pada rem kendaraan merupakan hal yang tidak sulit. Anda hanya butuh membersihkan cakram, tromol, dan komponen lainnya yang berada di sekitar roda mobil. Perkakas yang digunakan juga cukup simple, seperti kunci roda, dongkrak, kain bersih, kuas halus, dan cairan khusus pembersih rem atau kompresor jika tersedia.

Setelah semua peralatan siap, ada dua komponen yang perlu Anda bersihkan untuk mengatasi bunyi decit, yaitu cakram dan tromol. Untuk membersihkan cakram, langkah pertama adalah melepas ban dengan menggunakan kunci roda. Namun, pastikan bodi mobil sudah diangkat dan komponen roda lainnya di ganjal agar aman.

Setelah cakram terlihat, semprotkan liquid pembersih rem kendaraan hingga merata. Pastikan jarak semprotan pada bagian cakram dan brake cleaner kira kira 10-15 cm, dan bersihkan sampai semuya kotoran menghilang agar piringan cakram benar-benar basah dan kerak yang ada sudah terlepas.

Kemudian, bersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel pada cakram rem menggunakan lap bersih yang sudah disiapkan. Jangan lupa untuk melakukan penyemprotan sekali lagi agar kotoran benar-benar bersih.

BACA JUGA : Jangan Salah Pasang Dongkrak Mobil Simak Caranya

Selanjutnya, lakukan langkah yang hampir sama untuk membersihkan tromol rem berdecit. Namun, Anda harus melepas tromol dari rumahnya. Caranya, ketuklah tromol secara hati-hati atau perlahan menggunakan palu untuk mempermudah melepaskannya. Sehabis terlepas, bersihkan debu pada tromol menggunakan kompresor jika ada atau kuas halus yang sudah disiapkan.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Setelah debu sudah bersih, semprotkan kembali dengan brake cleaner agar hasilnya maksimal. Setelah itu, pasang kembali cakram, tromol, dan roda.

Jika Anda merasa kesulitan untuk melakukan perawatan ini sendiri, sebaiknya datang ke Bengkel Arum sari untuk melakukan pemeriksaan lebih detail. Teknisi kami akan segera menangani kendaraan Anda dengan baik. Dengan melakukan perawatan secara berkala, Anda dapat menjaga performa dan kinerja rem mobil agar tetap optimal dan aman dalam berkendara.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang