Penyebab Rem Mobil Bunyi dan Cara Mencegahnya

Mengatasi Bunyi Decit pada Rem Mobil: Tips dan Solusi

Ketika Anda mendengar bunyi decit yang keluar dari mobil saat melakukan pengereman, tentunya perasaan tidak nyaman muncul. Terkadang, rasa takut menganggapnya sebagai tanda adanya kerusakan pada bagian rem atau komponen lain yang terhubung. Namun, apakah masalah bunyi rem selalu menjadi alarm bahaya yang menandakan mobil harus segera diservis? Dan adakah cara untuk mencegahnya? Mari kita simak beberapa solusi.

 

Berkendara Saat Hujan

Apakah Anda pernah menyadari bahwa bunyi decit pada rem mobil sering terjadi ketika berkendara dalam cuaca hujan atau melewati genangan air? Jika iya, penyebab utamanya adalah percikan air.

Saat melintas di jalan yang basah, percikan air timbul karena gesekan antara kendaraan dengan permukaan jalanan. Percikan air ini kemudian mengenai bagian piringan cakram, menyebabkan rem mengeluarkan suara agak nyaring. Anda tidak perlu khawatir jika sistem pengereman berbunyi ketika berkendara di bawah hujan. Masalah ini umumnya akan teratasi dengan sendirinya.

 

Debu pada Rem Tromol

Tidak semua kendaraan dilengkapi dengan sistem pengereman cakram depan dan belakang. Beberapa mobil masih menggunakan sistem rem tromol di bagian belakang. Salah satu penyebab bunyi decit pada rem bisa jadi karena adanya debu pada bagian rem tromol. Partikel-partikel halus ini dapat mengganggu kinerja kampas rem saat pengereman dilakukan. Jika kampas rem terganggu oleh debu, bunyi decit akan muncul. Solusinya adalah melakukan pembersihan pada komponen rem tromol.

 

Permukaan Rem yang Kotor

Meskipun mobil Anda menggunakan sistem pengereman cakram depan dan belakang, masalah bunyi decit bisa tetap terjadi. Permukaan rem dapat kotor karena saat mengendarai, bagian ini terpapar debu dan tanah. Jika tidak dibersihkan secara rutin, kotoran ini akan terjepit di antara cakram dan kampas rem, menyebabkan sistem pengereman mengeluarkan bunyi. Solusinya adalah membersihkan bagian yang terkena debu dan tanah.

 

Pelumas Kurang pada Pedal Rem

Bunyi decit pada rem mobil tidak selalu disebabkan oleh hal-hal eksternal seperti air, tanah, debu, dan kotoran. Bunyi ini juga bisa berasal dari dalam kabin kendaraan yang menandakan bahwa pedal rem kurang dilumasi. Kekurangan pelumas menyebabkan gesekan menjadi keras dan menimbulkan bunyi. Solusinya adalah meminta bantuan bengkel untuk melumasi pedal rem.

 

Kampas Rem Habis

Semakin intensif Anda menggunakan mobil, kampas rem akan cepat terkikis dan menjadi tipis. Jika kampas rem habis, cakram rem akan bersentuhan langsung dengan rem. Hal ini mengurangi daya pengereman dan menyebabkan bunyi decit.

Jika kampas rem habis, satu-satunya solusi adalah mengunjungi bengkel Arumsari. Montir akan melakukan perbaikan dan mengganti kampas rem dengan yang baru. Pastikan selalu menggunakan kampas rem asli dan berkualitas.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Jika bunyi decit pada rem tidak disebabkan oleh hal-hal di atas, belum tentu itu merupakan tanda kerusakan dalam kendaraan. Mungkin saja itu terjadi karena sistem transmisi mobil otomatis yang tertahan saat Anda menginjak pedal rem. Namun, apapun penyebabnya, jika mobil Anda mengalami masalah, segera datang ke cabang Arumsari terdekat seperti cabang Asia-Afrika Bandung untuk mendapatkan solusi terbaik.

 

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang