Cara Mengemudi Mobil di Tanjakan Curam untuk Pemula

Bagi sebagian besar pengemudi pemula, menaklukkan tanjakan curam merupakan suatu tantangan yang dapat menimbulkan kekhawatiran. Tanjakan ini sering ditemui Di jalan-jalan pegunungan, perbukitan, atau pun di wilayah parkir gedung bertingkat. Memahami teknik mengemudi mobil di tanjakan curam menjadi kunci utama agar pengemudi tidak mengalami kendala seperti mundur dengan sendirinya, terutama saat terjebak dalam kemacetan di tengah tanjakan.

 

Mengemudi dengan Mobil Transmisi Otomatis

 

Bagi pemilik mobil transmisi otomatis, mengatasi tanjakan curam lebih sederhana. Dikarenakan tidak ada pedal kopling yang perlu diinjak, pengemudi hanya perlu mengandalkan rem kaki atau tangan selama mengemudi di tanjakan curam. Meskipun persneling pada mobil transmisi otomatis berbeda-beda, mengatur persneling ke posisi D2 atau L dapat membantu mobil menaklukkan tanjakan dengan lebih mudah.

BACA JUGA: Mengatasi Rem yang Harus Dikocok

Mengemudi dengan Mobil Transmisi Manual

 

Berbeda dengan transmisi otomatis, mobil transmisi manual membutuhkan teknik khusus agar bisa melalui tanjakan curam dengan lancar. Berikut beberapa teknik yang dapat diterapkan:

 

  1. Menginjak Pedal Rem

 

Ketika mobil berhenti di tanjakan, pengemudi perlu menginjak pedal kopling dengan kaki kiri dan pedal rem dengan kaki kanan. Setelah itu, dengan cepat lepaskan kaki kanan dari pedal rem dan pindahkan ke pedal gas. Pengemudi juga perlu menjaga keseimbangan antara pedal kopling dan gas untuk menghindari mundur secara tiba-tiba.

 

  1. Menyeimbangkan Pedal Kopling dan Gas

 

Teknik ini memerlukan keahlian khusus. Saat Saat kendaraan berhenti di tanjakan, kaki kiri menekan pedal kopling dan kaki kanan menginjak pedal rem. Setelah itu, lepaskan Kaki kanan meninggalkan pedal rem dan menekan pedal gas hingga mencapai 2000 RPM, dan angkat kaki kiri setengah kopling. Dengan menjaga keseimbangan ini, mobil dapat tetap berhenti dalam posisi stand-by.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

  1. Menarik Tuas Rem Tangan

 

Injak pedal kopling dan rem jika mobil berhenti di tanjakan. Tarik tuas rem tangan dan pindahkan transmisi ke gigi 0. Saat hendak melaju, injak pedal kopling, pindahkan transmisi ke gigi 1, dan turunkan perlahan tuas rem tangan. Dengan mengendalikan gas dan kopling, mobil dapat melanjutkan perjalanan dengan lancar.

 

Menguasai teknik mengemudi di tanjakan curam memerlukan latihan berulang dan pengalaman. Pendampingan dari pengemudi yang lebih berpengalaman sangat penting, dan selalu pastikan performa mobil dalam kondisi prima untuk keamanan berkendara di tanjakan curam.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang