Penyebab cairan pendingin tumpah dari penampungan

Penyebab cairan pendingin tumpah dari penampungan

 

Masalah umum yang kerap terjadi dengan radiator adalah kebocoran cairan pendingin dari penampungan (reservoir). Ini bisa diakibatkan oleh beberapa hal berikut:

BACA JUGA : 5 Penyebab Rem Mobil Keras dan Tidak Nyaman beserta Solusinya

Suhu Mesin Terlalu Tinggi

Kebocoran pada pack silinder head atau pack kop dapat menyebabkan suhu mesin meningkat secara berlebihan, mengganggu aliran air dari radiator ke penampungan. Overheating (suhu berlebihan) dapat merusak komponen mesin, terutama piston yang terbuat dari aluminium. Pada suhu tinggi sekitar 300 derajat Celsius, kekuatan piston dapat berkurang.

 

Rusaknya Tutup Radiator

Jika terdapat kerusakan pada tutup, terutama pada releif valve, air dari radiator akan mengalir lebih cepat ke reservoir. Hal ini menyebabkan penumpukan cairan pendingin di reservoir. Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya mengganti tutup radiator yang rusak dengan yang baru. Jika tidak segera ditangani, overheating dapat terjadi, yang berpotensi merusak komponen mesin secara serius dan memerlukan perbaikan yang lebih mahal.

 

Matinya Kipas Radiator 

Kipas yang tidak beroperasi dengan baik dapat menyebabkan penumpukan cairan pendingin di reservoir. Hal ini terjadi karena mesin menjadi terlalu panas. Penting untuk memeriksa kinerja kipas radiator secara teratur dan memastikan bahwa kipas tersebut berfungsi dengan baik agar sirkulasi udara yang cukup dan suhu mesin terkontrol.

 

Periksa Pemutar Water Pump

Jika terjadi masalah pada sistem pemutar water pump, periksalah keadaan V-belt yang bertanggung jawab untuk memutar water pump. Pastikan V-belt tidak putus atau mengalami kerusakan. Water pump berperan dalam mengalirkan air dari radiator ke semua bagian pendingin mesin. Jika ada masalah pada komponen ini, seluruh sistem pendingin akan terganggu dan menyebabkan overheating pada mesin mobil.

 

Jika mobil mengalami overheating, segera matikan mesin dan hentikan mobil. Mengemudi dengan keadaan tersebut sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kerusakan serius pada komponen mesin, seperti kepala silinder yang melengkung, kebocoran pada sistem pendingin, pelelehan material plastik, atau kerusakan mesin yang parah tergantung pada tingkat suhu yang terjadi.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

 

Untuk menjaga kinerja radiator dan mencegah masalah tersebut, disarankan untuk melakukan perawatan rutin setiap 6 bulan atau setiap 10.000 km di bengkel terpercaya seperti Arum Sari Purwokerto. Dengan melakukan perawatan yang teratur, kendaraan akan tetap dalam kondisi terjaga serta terhindar dari masalah radiator yang serius.

 

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

LEAVE REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *