Turbocharger Bocor Berbahaya ?

Bengkel kaki mobil mobil diesel biasanya sudah dilengkapi dengan turbocharger yang memiliki kelebihan yaitu menghasilkan tenaga mesin yang lebih extra apabila mesin berada di rpm tinggi,dan juga sebaliknya efek yang tidak banyak disukai oleh pengguna mesin turbo yaitu terjadinya lag mesin saat mesin baru digeber terutama di rpm .Tetapi juga tergantung dari design mesin mobilnya karena tidak semua mesin mobil yang menggunakan turbocharger tidak ada gejala lag yang sama.

BACA JUGA : SUSPENSI REKONDISI

Mesin turbo juga harus dirawat dengan baik agar tidak cepat rusak dikemudian hari,karena bila sampai rusak ,konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros,dan juga bunyi yang berisik akan mengganggu telinga.

Turbocharger mengalami kerusakan
Kerusakan ini berupa bocornya oli mesin turbocharger yang akan menyebabkan oli mesin akan berkurang tingkat kebocorannya.Hal ini disebabkan poros baling-baling meisn turbo ini membutuhkan pelumasan dari oli mesin.Apabila turbo bocor,maka secara otomatis oli mesin akan berkurang sedikit-demi sedikit atau bisa juga sampai tak bersisa.

Penyebab mesin turbo bocor yaitu rusaknya seal penahan oli didalamnya yang disebabkan oleh penggunaan oli yang jarang diganti,oli yang kotor tidak mampu melumasi komponen dalam mesin turbo secara maksimal.

Merawat mesin turbocharger

Merawatnya sebenarnya sangat mudah cukup menggunakan oli yang sesuai kebutuhan mobil terutama pada masalah SAE oli.Dan juga penggantian oli sesuai petunjuk buku servis.

Catatan penting

Apabila kalian mempunyai kendaraan mobil bermesin turbo mengalami kebocoran sebaiknya melakukan penggantian mesin turbonya,dan juga memeriksa pada bagian mesin yang paling utama pada bagian metal duduk,metal jalan,metal bulan dan yang lainnya karena mobil sering mengalami kekurangan oli komponen tersebut mengalami aus.Percuma ketika mesin turbo diganti baru,baru berjalan beberapa kilo malah pada bagian mesin seperti metal duduk ngeroll akan membuat mesin rusak.

Nah itulah sedikit informasi mengenai bahaya jika turbocharger bocor , semoga bermanfaat dan jangan lupa dishare ya ­čÖé

Turbocharger Bocor

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang