Banyak Kasus Pecah Ban, Begini Cara Cek Sendiri Kondisi Ban Mobil

Seperti yang telah kami tekankan sebelumnya, ban mobil adalah komponen yang sangat penting, bertanggung jawab atas tugas mulia dalam kendaraan Anda. Ban memiliki empat fungsi utama yang krusial untuk menjaga Anda dari potensi kecelakaan di jalan. Fungsi tersebut mencakup menopang beban kendaraan, menyerap benturan, meneruskan traksi dan pengereman, serta mengubah arah laju kendaraan.

BACA JUGA: Mengatasi Rem yang Harus Dikocok

Tugas ban menjadi semakin berat ketika mobilitas Anda tinggi dengan waktu dan jarak tempuh yang panjang, dihadapkan pada kemacetan lalu lintas, serta membawa beban penuh dari penumpang dan barang. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pengecekan ringan pada ban mobil, termasuk ban serep. Berikut adalah langkah-langkah inspeksi yang dapat Anda lakukan sendiri.

 

  1. Cek Tekanan Angin Ban:

   Langkah sederhana namun sering terlupakan. Ban dengan tekanan yang kurang dapat membuat mobil menjadi berat dan sulit untuk bergerak. Kekurangan tekanan ini juga dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar dan menyebabkan keausan yang tidak merata pada ban.

 

  1. Periksa Telapak Ban

   Periksa kondisi telapak ban, apakah terdapat kembangan, robek, atau benda asing yang dapat merusak ban. Pastikan untuk memeriksa kedalaman alur ban menggunakan indikator keausan, dan gantilah jika sudah mencapai batas minimum.

 

  1. Cek Dinding Ban

   Dinding ban memiliki peran penting dalam menopang beban dan meredam getaran. Periksa dinding ban dengan cermat untuk memastikan tidak ada benjolan atau potensi sobek yang dapat merusak struktur ban.

 

  1. Rotasi Ban

   Melakukan rotasi ban setiap 10.000 km dapat membantu meratakan tingkat keausan ban. Ini penting terutama karena ban depan cenderung mengalami keausan lebih cepat.

 

  1. Periksa Tutup Pentil Ban

   Walaupun terlihat sepele, tutup pentil ban memiliki peran penting. Tutup pentil yang terbuka dapat menyebabkan kebocoran angin perlahan atau bahkan kehilangan pentil saat perjalanan.

 

  1. Cek Kondisi Pelek

   Pelek yang rusak dapat memberikan tekanan berlebih pada ban selama perjalanan. Periksa bibir pelek untuk memastikan tidak ada pecah atau kerusakan lain yang dapat memengaruhi keseimbangan ban.

 

  1. Spooring dan Balancing

   Spooring digunakan untuk mengatur keselarasan kaki-kaki mobil, sementara balancing menjaga stabilitas putaran ban pada pelek. Keduanya penting untuk kinerja dan keamanan mobil saat bergerak pada kecepatan tinggi.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Dengan memahami langkah-langkah ini, Anda dapat mengambil tindakan preventif untuk menjaga kesehatan dan kinerja ban mobil Anda.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang