Bahaya Memaksa Mesin Setelah Mogok Akibat Overheating

Saat mengalami kegagalan mesin atau overheating, sebaiknya kita tidak mengalami kepanikan. Tetaplah tenang dan upayakan membuat kendaraan kembali dapat dioperasikan. Sebagai contoh, periksa kondisi aki dan lakukan pengecasan jika aki lemah menjadi penyebabnya. Atau, verifikasi sekring mesin, mungkin ada yang putus dan perlu diganti.

 

BACA JUGA: Musim Hujan, Yuk Kita Periksa Permukaan Ban

 

Namun, ada satu situasi yang tidak memperbolehkan kita untuk memaksa menghidupkan mesin yang mogok, yaitu ketika mesin mati akibat overheating atau suhu mesin terlalu tinggi. Lebih bijak, segera derek kendaraan Anda atau hubungi AstraWorld di 500 898 (telepon kabel) atau 89 898 (ponsel). Pihak AstraWorld akan segera menuju lokasi mobil yang mogok dan mengantarnya ke bengkel. Di sana, para mekanik akan mengevaluasi kerusakan mesin, terutama dampak dari masalah overheating.

 

Hindari tindakan yang sering dilakukan oleh beberapa pengendara saat mesin mati akibat overheating, yaitu mencoba memaksa untuk menghidupkan mesin kembali. Mereka umumnya mendinginkan mesin terlebih dahulu. Setelah dianggap cukup dingin, mereka mencoba menghidupkan mesin dengan memutar kunci kontak ke posisi START sambil menekan pedal gas.

 

Walaupun mesin mungkin berhasil dihidupkan dan mobil bisa dikendarai kembali, tindakan semacam itu memiliki risiko yang tinggi. Ada potensi kerusakan serius pada mesin, dan ini bisa memerlukan perbaikan yang signifikan, bahkan hingga proses overhauling. Beberapa kerusakan yang mungkin timbul melibatkan silinder head dan stang piston (seher) yang bengkok.

 

Semua potensi kerusakan tersebut dapat terjadi karena suhu yang melebihi batas normal akan menyebabkan perubahan bentuk dan ukuran pada komponen-komponen mesin yang terbuat dari logam karena pemuaian. Terutama, pemuaian pada piston dapat menyebabkan hambatan gerakan normal piston. Jika piston terjebak, mesin akan mati.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

 

Meskipun pemuaian mungkin berkurang saat suhu turun, namun komponen tidak akan pulih sepenuhnya. Memaksa mesin untuk beroperasi dalam kondisi tersebut hanya akan memperburuk kerusakan. Biaya perbaikan akibat tindakan semacam itu tentu akan lebih besar.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

LEAVE REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *