Pernah Alami Kebocoran Oli Pada Kendaraan Anda Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Pernah Alami Kebocoran Oli Pada Kendaraan Anda Bisa Jadi Ini Penyebabnya

 

Ketika kendaraan Jika terjadi kebocoran pada oli, situasinya bisa menjadi kejadian yang kurang menguntungkan. Terutama saat sedang dalam perjalanan menuju tujuan, kebocoran oli pada mesin kendaraan, atau yang biasa disebut sebagai rembesan oli, bisa menjadi masalah serius. Kebocoran oli tidak boleh diabaikan, karena jika dibiarkan, dapat meningkatkan risiko terjadinya kebakaran pada mesin.

BACA JUGA: Ketahui Cara Kerja Piston Rem Mobil

Masalah kebocoran atau rembesan oli bisa sangat menyusahkan karena titik kebocoran oli di kendaraan biasanya muncul tidak hanya di satu area di mesin mobil. Sebuah titik kecil mungkin tumbuh secara perlahan, menjadi masalah besar bagi kendaraan. Oli yang merembes dapat menguras volume oli, membuat kendaraan tidak dapat berfungsi tanpa oli. Lalu, apa penyebab dari kebocoran oli?

 

  1. Kerusakan atau Keausan pada Filter Oli:

   Keausan atau kotoran pada filter oli yang tidak diganti dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kebocoran oli. Filter oli yang kotor dapat bergeser atau bahkan rusak, menjadi pemicu potensial untuk kebocoran oli. Disarankan untuk memeriksakan filter oli secara teratur selama servis rutin.

 

  1. Tutup Oli yang Tidak Rapat atau Hilang:

   Tutup oli yang tidak tertutup rapat atau bahkan hilang bisa menjadi penyebab kebocoran oli. Pada saat penggantian oli, penting untuk memastikan bahwa tutup oli tertutup dengan baik. Kelewat teliti atau kurang hati-hati saat mengganti oli bisa menyebabkan oli bocor.

 

  1. Baut Oli yang Longgar, Geser, atau Rusak:

   Oli adalah cairan, dan kebocoran dapat terjadi jika ada kelongsoran pada baut oli. Baut oli yang sudah usang dapat bergeser atau menjadi longgar. Mengecek dan mengganti baut oli secara berkala merupakan tindakan pencegahan yang baik untuk mencegah kebocoran oli.

 

  1. Bak Oli yang Rusak:

   Bak oli bisa mengalami kerusakan akibat benturan dengan batu atau objek lain, menyebabkan bak oli menjadi bengkok. Bengkoknya bak oli dapat membuat penutupnya longgar atau rusak, memicu kebocoran oli. Hindari perjalanan melalui jalur yang berpotensi merusak bak oli.

 

  1. Silinder Head/Gasket Rusak:

   Pada kendaraan tua, silinder head atau gasket bisa mengalami kerusakan dan menyebabkan kebocoran oli. Oli yang mengental dan membentuk lumpur dapat menyebabkan kerusakan ini. Kerusakan kecil pada awalnya dapat berkembang menjadi lebih besar jika tidak segera diperbaiki.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Mencegah kebocoran oli melibatkan pemeliharaan rutin dan penggantian komponen yang sudah aus. Pemilik kendaraan sebaiknya selalu memeriksa oli dan komponen terkait selama servis berkala untuk mencegah masalah ini.

Alamat: Jl. Raya Panyileukan No.9, Cipadung Kidul, Kec. Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

 

 

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

 

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang