9 Komponen Master Rem Mobil

9 Komponen Master Rem Mobil

 

Mengupas Tuntas Master Rem Mobil: Pentingnya Perawatan untuk Keselamatan Berkendara

BACA JUGA:Ketahui Fungsi Dongkrak dan Cara Menggunakannya Saat Darurat

Dalam dunia otomotif, terdapat komponen yang memiliki peran sangat vital dalam sistem pengereman kendaraan, yaitu master rem atau brake master cylinder. Master rem tidak hanya menjadi sekedar komponen, namun juga memiliki dampak besar terhadap keselamatan Anda saat berkendara. Jika master rem tidak berfungsi sebagaimana mestinya, risiko kecelakaan dapat meningkat. Namun, apakah sebenarnya master rem dan seberapa penting perawatannya? Mari kita eksplorasi lebih dalam dalam penjelasan berikut.

 

Memahami Master Rem Mobil

 

Master rem mobil adalah sebuah komponen yang memiliki peran penting dalam menghasilkan tekanan hidraulis pada sistem pengereman. Dengan bentuk berupa silinder yang terbuat dari besi, master rem memiliki fungsi krusial dalam mengendalikan laju kendaraan. Reservoir tank atau tabung plastik di dalam master rem berfungsi sebagai tempat penyimpanan minyak rem.

 

Posisi master rem sendiri terletak di ruang mesin, lebih tepatnya di dinding yang memisahkan ruang mesin dengan kabin pengemudi. Penempatan ini dilakukan agar master rem berada lebih dekat dengan pedal rem. Di dalamnya, terdapat juga brake booster yang membantu memperbesar tenaga dari injakan pedal rem pengemudi.

 

Master rem memiliki peran yang sangat penting, dan inilah sebabnya mengapa perawatan berkala di Bengkel Arum sari menjadi sangat esensial. Perawatan ini memiliki tujuan untuk mencegah masalah yang tidak diinginkan, seperti rem yang blong dan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

 

Peranan Master Rem Mobil

Fungsi utama dari master rem mobil adalah mengubah gerakan mekanis menjadi tekanan hidraulis. Ketika Anda menekan atau menarik tuas pedal rem, master rem mengubah tekanan ini menjadi tekanan hidraulis yang akan menggerakkan komponen lain dalam sistem pengereman. Proses ini melibatkan piston dan tabung di dalam master rem.

 

Gerakan piston dalam tabung menciptakan perubahan tekanan yang kemudian menghasilkan tekanan hidraulis. Tingkat tekanannya bervariasi tergantung pada gerakan piston. Tekanan ini nantinya akan digunakan untuk menjepit cakram rem atau menggerakkan sistem pengereman di roda.

 

Komponen-Komponen Master Rem Mobil

Keefektifan master rem mobil didukung oleh beberapa komponen di dalamnya. Reservoir tank berfungsi sebagai tempat penyimpanan minyak rem cadangan. Diafragma berperan sebagai pengunci atau seal pada reservoir tank untuk menjaga minyak rem dari udara luar yang dapat menyebabkan kontaminasi.

 

Komponen level sensor memberikan indikasi ketika volume minyak rem berkurang. Master silinder body berperan sebagai rumah bagi berbagai komponen master rem, seperti piston, seal, dan reservoir tank. Primary piston dan secondary piston berfungsi untuk mengkompres minyak rem dan mengarahkannya ke roda yang sesuai.

 

Return spring membantu mengembalikan posisi piston setelah pedal rem dilepas. Return port berperan dalam mengembalikan minyak rem dari ruang tekanan ke reservoir tank. Inlet dan outlet port berfungsi sebagai lubang untuk mengisi dan mengeluarkan minyak rem dalam tekanan.

 

Perawatan Master Rem Mobil

Merawat master rem mobil adalah langkah penting untuk menjaga keselamatan Anda. Setiap enam bulan sekali, sebaiknya Anda melakukan perawatan di Bengkel Keluarga. Teknisi Bengkel Arum sari akan memeriksa ketebalan kampas rem dan kualitas minyak rem. Bersihkan kampas rem dan kaliper dengan cairan khusus, dan ganti minyak rem sesuai rekomendasi pabrikan.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Jaga performa master rem dan komponen-komponen lainnya agar sistem pengereman tetap optimal. Dengan menjaga kondisi master rem, Anda dapat menjamin keselamatan Anda dan penumpang ketika berkendara. Lebih dari sekadar komponen, master rem adalah jantung dari sistem pengereman kendaraan Anda, maka pastikan Anda memberikannya perhatian yang layak.

Kunjungi Bengkel Spesialis Kaki Mobil Arum Sari Bandung.Alamat: Jl. Raya Panyileukan No.9, Cipadung Kidul, Kec. Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :


Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang