6 Sumber Masalah Bunyi Gluduk pada Roda Depan Mobil

Suara Tidak Lazim pada Roda Depan Mobil? Ini Penyebabnya

 

Jika Anda merasa terdengar suara yang tidak lazim dari roda depan mobil, ada kemungkinan ada masalah dengan salah satu komponen sistem kaki-kaki mobil. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya suara pada roda depan meliputi:

 

  1. Rusaknya karet pada support shockbreaker

Karet support shockbreaker dapat rusak karena berbagai faktor seperti usia atau waktu penggunaan yang lama, kondisi jalan yang buruk dan tidak rata, atau adanya kebocoran oli shockbreaker yang dapat merusak karet. Pemasangan karet yang tidak tepat atau kurang kencang juga bisa menjadi penyebab kerusakan pada karet support shockbreaker. Selain itu, penggunaan shockbreaker yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil juga dapat mempercepat kerusakan.

 

  1. Shock absorber mati

Penyebab umum dari matinya shock absorber adalah penggunaan yang berlebihan atau keausan alami dari komponen tersebut. Hal ini dapat terjadi karena shock absorber bekerja setiap kali mobil melintas di atas jalan yang tidak rata, sehingga membuat komponen tersebut mengalami tekanan dan gesekan berulang-ulang. Selain itu, kondisi jalan yang buruk dan seringnya melintasi jalan bergelombang atau berlubang juga dapat mempercepat keausan pada shock absorber.

BACA JUGA : Fungsi Shock Absorber, Cara Kerja dan Komponennya

  1. Bushing lower arm rusak

Bushing lower arm adalah sebuah komponen pada sistem suspensi mobil yang berfungsi sebagai bantalan antara lower arm dengan chassis mobil. Ketika karet pada bushing lower arm rusak atau robek, maka hal tersebut dapat menyebabkan roda depan mobil terasa tidak stabil dan menghasilkan suara bunyi gluduk-gluduk pada roda depan mobil ketika melewati jalan yang bergelombang atau polisi tidur. Oleh karena itu, bushing lower arm yang rusak perlu segera diperbaiki agar tidak mengganggu kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

  1. Bushing upper arm rusak

Penyebab bunyi gluduk pada roda depan mobil yang lainnya adalah rusaknya bushing upper arm. Komponen ini berfungsi sebagai bantalan antara upper arm dengan bodi mobil. Jika karet bushing upper arm rusak atau pecah, maka akan menimbulkan bunyi gluduk-gluduk pada mobil.

 

  1. Bushing stabilizer bar mati

Kematian bushing stabilizer bar adalah salah satu dari enam sumber masalah bunyi gluduk pada roda depan mobil. Bushing stabilizer bar adalah sebuah karet yang berfungsi sebagai bantalan pada stabilizer bar mobil. Stabilizer bar sendiri berfungsi untuk menjaga mobil tetap stabil dan mengurangi kecenderungan terjadinya body roll saat kendaraan berbelok. Bushing stabilizer bar dipasang pada titik-titik di mana stabilizer bar terhubung dengan chasis mobil. Bushing stabilizer bar yang rusak dapat menyebabkan suara berdengung atau gluduk pada mobil ketika melintasi jalan yang bergelombang atau tidak rata.

 

  1. Ball Joint

 

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang