Fungsi Shock Absorber, Cara Kerja dan Komponennya

Performa kaki-kaki mobil memang harus tetap prima sepanjang waktu. Dengan kondisi jalan yang tidak selalu rata, kaki-kaki mobil yang bekerja optimal akan membuat perjalanan keluarga tetap nyaman.

Fungsi Shock Absorber

Fungsi shock absorber yaitu untuk meredam terjadinya oskilasi pada saat mobil berjalan di atas permukaan jalan yang tidak rata.

Tentunya keberadaan komponen ini membuat bertambahnya kenyamanan ketika berkendara.

Komponen Shock Absorber

Shock absorber memiliki beberapa komponen. 3 diantaranya adalah komponen utama yaitu piston, batang piston, dan tabung silinder.

Piston berada di dalam tabung yang akan bergerak naik dan turun ketika shock absorber sedang bekerja. Lalu tabung silinder merupakan tempat untuk menampung minyak-minyak yang berasal dari shock absorber, juga tidak hanya itu tabung silinder juga menjadi tempat naik turunnya piston. Itulah piston berada di dalam tabung silinder tersebut.

Cara Kerja Shock Absorber

Nah, berikutnya kami menyediakan cara cara kerja shock absorber.

1. Kompresi

Kompresi akan bekerja ketika mobil kita mendapat tekanan sehingga ban akan menekan shock absorber.

Akibat hal ini shock absorber akan memendek sehingga piston bergerak naik.

Lalu gaya gerak ini akan membuat menyempitkan ruang atas piston dan memperluas bagian bawah piston. Hal tersebut akan membuat fluida di bagian atas piston tertekan keluar.

2. Ekspansi

Jika langkah kompresi sudah selesai, maka ada kondisi yang disebut gaya balik pegas. Dikarenakan hal tersebut panjang dari shock absorber menjadi normal kembali. Piston yang berada akan bergerak turun juga.

Lalu fluida akan mengalir naik ke ruang piston bagian atas. Arus fluida yang datang dari ruang bawah ke atas akan memperlambat gerakan piston. Oleh sebab itu guncangan yang diterima mobil ketika kita berkendara bisa diredam dengan sempurna. 

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Nah, begitulah cara kerja, komponen, hingga fungsi dari shock absorber. Sekarang anda sudah mempelajari bagaimana komponen ini akan bekerja ketika meredam guncangan selama kita berkendara akibat guncangan yang diredam ini lah kita dapat berkendara lebih nyaman sepanjang perjalanan

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang