5 Tips Aman Mengendarai Mobil Saat Hujan

Indonesia terkenal dengan curah hujan yang tinggi, terutama selama musim penghujan seperti bulan Oktober hingga Maret. Bagi Anda yang memiliki kegiatan di luar ruangan dan mengendarai mobil untuk mencapai tujuan, perlu ekstra hati-hati karena hujan dapat membuat jalan menjadi licin. Namun, mengemudi mobil saat hujan juga memiliki keuntungan, salah satunya adalah dapat melindungi Anda dari hujan. 

BACA JUGA: Tips Singkat Merawat Kaca Kendaraan berdasarkan jenis kotorannya

 

  1. Memastikan Tekanan Udara pada Ban Normal

Pertama, pastikan kondisi ban mobil dalam keadaan normal sebelum memulai perjalanan saat hujan. Periksa tekanan udara pada ban secara rutin untuk menghindari situasi yang tidak diinginkan, terutama saat musim hujan yang membuat jalanan menjadi licin. Memperhatikan tekanan udara ban sangat penting agar kendaraan tidak tergelincir saat berkendara.

  1. Memeriksa Kondisi Semua Lampu Mobil

Saat hujan, penting untuk memastikan lampu mobil berfungsi dengan baik. Lampu mobil saat hujan memiliki peran penting dalam mendeteksi obyek di depan dan meningkatkan visibilitas saat berkendara. Selalu periksa kondisi lampu kendaraan sebelum digunakan untuk menghindari kecelakaan di jalan raya, terutama saat hujan di mana kendaraan di depan mungkin sulit terlihat dengan jelas karena jarak pandang yang terbatas.

Banyak orang bermimpi memiliki kendaraan pribadi dan berusaha untuk mewujudkannya. Jika Anda saat ini membutuhkan mobil, Anda dapat mempertimbangkan opsi kredit mobil Toyota di Medan untuk mewujudkan impian memiliki mobil Anda.

  1. Jangan Sampai Pandangan Terhalang

Ketika melakukan perjalanan dalam kondisi hujan, penting untuk memperhatikan kondisi jalan agar pandangan Anda tidak terhalang. Anda dapat membersihkan kaca depan dan belakang mobil dari air hujan dan kotoran yang menempel.

Pandangan yang terhalang dapat disebabkan oleh embun yang terbentuk pada kaca mobil akibat hujan, hal ini dapat mengurangi kejelasan pandangan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menghidupkan AC dan mengarahkannya ke bagian kaca depan dan belakang mobil.

  1. Hindari Berkendara Di Tepi Jalan

Peningkatan curah hujan dapat menyebabkan kerusakan dan lubang-lubang pada jalanan, yang mengakibatkan ketidakrataan jalur. Untuk mengantisipasi kondisi jalan yang rusak, sebaiknya hindari berkendara di sisi jalan. Anda dapat memilih bagian tengah jalan untuk menghindari genangan air.

  1. Berhenti ketika jarak pandang hanya 1 meter

Hujan yang deras akan mengurangi jarak pandangan Anda. Jarak pandang menjadi salah satu faktor penting dalam menjaga keselamatan pengguna jalan saat hujan. Jika jarak pandang Anda hanya sekitar 1 meter, sebaiknya berhenti atau menepi terlebih dahulu. Sebelum menepi, nyalakan lampu hazard sebagai tanda bahwa kendaraan Anda sedang berhenti.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Demikianlah beberapa tips aman dalam mengendarai mobil saat hujan. Selalu perhatikan kondisi mobil Anda, meskipun cuaca normal. Keselamatan adalah hal utama dalam berkendara. Jika hujan turun dengan sangat deras, sebaiknya berhenti atau menepi terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang