11 Tips Mudik Aman Bersama

Bagaimana cara mudik aman untuk perjalanan mudik mendatang? Bulan Ramadan telah tiba lagi. Keramaian dan semarak Ramadan sangat terasa di negara dengan mayoritas penduduk muslim. Berbagai tradisi dilakukan selama bulan suci yang penuh berkah ini. Mulai dari Bedug dan sorak sorai “Sahuuurrr Sahuurrr” hingga nikmatnya panggilan Adzan Maghrib yang dinantikan oleh banyak orang. Tidak hanya itu, tradisi mudik juga sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia, terutama mereka yang merupakan penduduk migran. Oleh karena itu, perjalanan mudik menjadi hal yang wajib dilakukan untuk bertemu dengan keluarga dan beristirahat sejenak di kampung halaman.

BACA JUGA: Hentikan Kebiasaan Buruk Yang Merusak Mesin Mobil

Cinta terhadap kampung halaman tidak akan mengurangi keberanian untuk merasakan kenikmatan di rumah sendiri. Kemacetan yang panjang dan teriknya sinar matahari akan ditahan sementara waktu sampai rindu akan keluarga dan kampung halaman terobati. Agar rindu tersebut terobati, jangan lupa untuk melakukan perjalanan dengan aman. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mudik aman saat pulang kampung nanti.

 

Persiapkan diri secara fisik & psikologis

Siapkan tubuh dan pikiran Anda untuk perjalanan yang jauh, sehingga dapat menghindari kelelahan.

Tidak berangkat mudik setelah pulang kerja

Hindarilah berangkat mudik setelah pulang kerja untuk menghindari kelelahan yang dapat mengganggu perjalanan mudik Anda. Stress akibat pekerjaan juga dapat mengganggu kegiatan mudik, oleh karena itu perlu dihindari.

Jangan lupa membawa obat-obatan

Siapkanlah persediaan obat pribadi yang sulit ditemukan di warung obat di pinggir jalan.

Siapkan makanan dan minuman yang cukup untuk dijalan

Perhatikanlah persiapan makanan dan minuman agar mudik Anda berjalan aman. Jika Anda berpuasa, siapkanlah hidangan berbuka puasa yang sesuai dan layak dikonsumsi.

Gunakan peta mudik/GPS saat mudik

Para pemudik, terutama yang masih pemula, sangat membutuhkan peta mudik atau GPS sebagai panduan perjalanan. Namun, bagi mereka yang sudah terbiasa mudik, tetaplah menyiapkan peta atau GPS untuk memastikan jalur yang akan dilalui terhindar dari kemacetan yang panjang.

Pastikan alat komunikasi (handphone) dalam keadaan full charge

Pastikan handphone atau alat komunikasi lainnya dalam keadaan baterai penuh atau terisi sepenuhnya agar tidak mengalami kehabisan baterai yang dapat menghambat Anda dalam bertemu dengan saudara tercinta.

Manfaatkan rest area yang ada untuk beristirahat

Jika Anda merasa mengantuk, sebaiknya berhenti sejenak dan istirahatlah di area peristirahatan yang telah disediakan.

Jangan mengemudi dalam keadaan mengantuk

Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup sebelum memulai perjalanan menuju kampung halaman.

Kurangi konsumsi minuman berenergi saat berkendara

Disarankan untuk mengurangi atau menghindari konsumsi minuman berenergi saat hendak melakukan perjalanan mudik.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Pastikan barang bawaan sesuai dengan kapasitas kendaraan

Pastikan barang bawaan Anda tidak berlebihan agar dapat berkendara dengan aman dan nyaman. Selalu perhatikan kebutuhan dan kapasitas kendaraan Anda dalam membawa barang. Terdapat beberapa tips mudik aman ketika pulang kampung yang dapat diperhatikan.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

 

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang